KPPN Tanjung Selor berbagi strategi pelaksanaan APBN 2023

id KPPN, Tanjung Selor, APBN 2023, Kementerian Keuangan, Kaltara

KPPN Tanjung Selor berbagi strategi pelaksanaan APBN 2023

Sejumlah kuasa pengguna anggaran (KPA) Satker Kementerian/Lembaga (Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Selor berbagi strategi bagi
pimpinan kuasa pengguna anggaran (KPA) satuan kerja (Satker) untuk pelaksanaan anggaran APBN 2023 di Kalimantan Utara.

"Perlu berbagi strategi dalam rangka percepatan pelaksanaan anggaran pemerintah dan untuk mewujudkan kinerja belanja pemerintah yang lebih berkualitas," kata Kepala KPPN Tanjung Selor, Juanda di Tanjung Selor, Kamis.

Terkait hal itu, katanya, pekan ini digelar
sosialisasi serta sebagai koordinasi dan komunikasi adalah KPPN Tanjung Selor selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah bersama para pimpinan satker selaku KPA untuk mengevaluasi kinerja pelaksaan APBN 2022.

Hal tersebut diharapkan dapat memperbaiki kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran 2023.

Kegiatan itu pula membahas langkah strategis pelaksanaan anggaran yang akan dilaksanakan di 2023.

Pembahasan materi secara panel disampaikan oleh narasumber dari para Kepala Seksi KPPN Tanjung Selor.

Pertama, langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran 2023 disampaikan oleh Asep Saprudin selaku Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal.

Kedua,cash manajemen system (CMS)oleh Ginanjar Rah Widodo, selaku Kepala Seksi Bank. Ketiga, evaluasi pelaporan keuangan disampaikan oleh Benjamin, selaku Pelaksana harian Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi.

Kepala KPPN Tanjung Selor, Juanda menyampaikan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja satuan kerja tidak hanya diukur dari sisi penyerapan saja, namun diukur dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).



“IKPA mengukur dari tiga aspek dan delapan indikator. Aspek tersebut berupa aspek kualitas perencanaan, aspek kualitas pelaksanaan anggaran, dan aspek kualitas hasil pelaksanaan anggaran,” terang Juanda.


Dalam kegiatan tersebut KPPN Tanjung Selor memberikan apresiasi penghargaan kepada Satker dan pemda sebagai mitra kerja.


Apresiasi ini didasarkan atas kinerja terbaik dalam mengelola pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan 2022 yang terbagi menjadi tiga kategori yakni IKPA, Pelaporan Keuangan, dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).



Pemberian apresiasi tersebut didasarkan pada kinerja terbaik selama periode 2022. Ia sangat mengapresiasi Satker dan Pemda yang telah memperoleh penghargaan tersebut.

"Semua hasil tersebut tidak lepas dari upaya nyata untuk memberikan kinerja terbaik untuk Negeri yang telah dilakukan oleh tim pejabat pengelola perbendaharaan (KPA, PPK, PP SPM dan Bendahara) selama 2022," tutur Juanda.

Dengan apresiasi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan kerja dan menunjukkan komitmen tinggi dari KPPN Tanjung Selor dalam memberikan pelayanan.


“Harapannya melalui kegiatan ini dapat menghasilkan satu komitmen pimpinan untuk mewujudkan kinerja pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan di tahun 2023 menjadi makin baik dan berkualitas,” ujar Juanda.