Penanaman bibit mangrove di Pantai Amal

id Polda

Penanaman  bibit mangrove di Pantai Amal

Sinergitas TNI – Polri dan unsur Forkopimda Kaltara pada penanaman mangrove di Pantai Amal (Humas Polda)

Tarakan (ANTARA) - Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si bersama Kodim 092/Maharajalila beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah
(Forkopimda) Kalimantan Utara melaksanakan penanaman bibit pohon Mangrove di Pantai Amal Kota Tarakan, Senin (15-05-2023).

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Kaltara turut hadir didampingi Karoops Polda Kaltara Kombes Pol. Prasodjo Wibowo, Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol. Yusup Rahmanto, S.I.K, M.H,. Dirbinmas Polda Kaltara Kombes Pol. Eri Dwi Hariyanto, S.I.K.


Kapolda Kaltara mengatakan bahwa salah satu tujuan penanamanmangroveini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan

Mangrove merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuktsunami.

Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam.

"Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya agar lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua," kata Kapolda.

Karena, imbuhnya hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan mangrove.

Selain itu, dengan diadakannya penanamanmangroveini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut.

Kegiatan ini juga harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang. Tambahnya.

Giat penanaman Mangrove dilanjutkan dengan Zoom meeting bersama dengan Presiden RI pada jam 16.00 Wita di Pesisir Pantai Amal.

Baca juga: 1.204 calon bintara Polda Kaltara lolos pemeriksaan kesehatan
Baca juga: Mempererat silaturahmi, Bhabinkamtibmas kunjungi warga di wilayah binaan
Baca juga: Silaturahmi Dirbinmas Polda Kaltara dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)
Baca juga: Sampaikan pesan Kamtibmas Bhabinkamtibmas dan Babinsa lakukan patroli dialogis bersama
Baca juga: Pembinaan Rohani Dan Mental personel Korem 092/Maharajalila dan Polda Kaltara
Baca juga: Kapolri dan Panglima tegaskan bersinergi dan solid amankan KTT ASEAN