Tarakan Dinobatkan Sebagai Kota Terbaik TP2DD Tahun 2023

id Pemkot

Tarakan Dinobatkan Sebagai Kota Terbaik TP2DD Tahun 2023

Wali Kota Tarakan Khairul menerima penghargaan sebagai kota Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) terbaik tahun 2023 dari Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (3/10). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul menerima penghargaan yang menobatkan Tarakan sebagai kota Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) terbaik tahun 2023 dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (3/10).

"Saya sebagai ketua TP2DD Tarakan mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini," kata Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul.

Dia menekankan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Tarakan dan seluruh tim TP2DD, termasuk dari unsur Bank Indonesia (BI) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara Cabang Tarakan.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Tarakan, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat secara langsung dalam upaya digitalisasi daerah," kata Khairul.

Pemberian penghargaan ini dihadiri oleh juga oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Adapun penghargaan diberikan kepada provinsi, kota, kabupaten, program P2DD dan Bank Pembangunan Daerah terbaik.

Tarakan dinobatkan sebagai TP2DD tahun 2023 bersama Kota Tebing Tinggi, Makassar, Bogor dan Jayapura.

Wali Kota juga menyatakan komitmen Pemerintah Kota Tarakan untuk terus mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah.

Visi Kota Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city menjadi landasan untuk terus meningkatkan inovasi dan efisiensi dalam pelayanan publik.

Percepatan dan perluasan digitalisasi di Kota Tarakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang signifikan.

Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah terus mengalami peningkatan dari sebelumnya di 2022 lalu di angka 93 persen.

Terus mengalami peningkatan pada 2023 menjadi 97,5 persen berkat implementasi transaksi non tunai yang semakin diperluas di lingkup Pemkot Tarakan.
Baca juga: Pemkot Tarakan Komitmen Mendukung Aktivitas Keagamaan
Baca juga: Ruang Pengaduan BPJS Kesehatan di Tarakan Mulai Beroperasi