Polda Kaltara Gelar Pasukan Pemberangkatan Personel BKO Pengamanan Pemilu 2024

id Polda

Polda Kaltara Gelar Pasukan Pemberangkatan Personel BKO Pengamanan Pemilu 2024

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya memimpin apel gelar pasukan pemberangkatan personel BKO (bawah kendali operasi) Satwil jajaran Polda Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu (10/2). (ANTARA/HO-Humas Polda Kaltara).

Tarakan (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya memimpin apel gelar pasukan pemberangkatan personel BKO (bawah kendali operasi) Satwil jajaran Polda Kaltara dalam rangka pengamanan masa tenang dan masa pungut suara Pemilu 2024 di Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu.

"Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran pemilu, maka Polda Kaltara akan menerjunkan personel BKO ke Polres jajaran untuk melaksanakan tugas pengamanan tps dan pengamanan markas kepolisian selama tahap masa tenang dan masa pungut suara selama sembilan hari," kata Daniel.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi dan para pejabat utama di Polda Kaltara serta personel yang terlibat BKO.

Kapolda menyampaikan bahwa pemilu tahun 2024 merupakan pesta demokrasi yang sangat penting bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Oleh karena itu, kelancaran dan keamanan penyelenggaraan pemilu menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Daniel.

Mereka melaksanakan pengamanan di Tempat Pemungutan (TPS) dan markas kepolisian selama tahap masa tenang dan masa pungut suara merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban.

Sebagai penjaga keamanan dan pelindung masyarakat, Polri memiliki peran krusial dalam menjamin jalannya proses demokrasi dengan tertib, aman dan adil.

Kapolda berharap selama sembilan hari menjalani tugas BKO, anggota dapat memahami sepenuhnya petunjuk dan protokol yang telah disiapkan.

"Lakukan koordinasi yang baik antar-satuan, dan pastikan komunikasi berjalan lancar. Keberhasilan kita dalam menjalankan tugas ini sangat bergantung pada kerja sama dan sinergi di antara kita," kata Daniel.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa tugas personel BKO bukan hanya sekadar pengamanan fisik, tetapi juga menjaga keamanan psikologis masyarakat.

Serta bersikapramah, bijak, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Sampaikan informasi dengan jelas dan transparan, sehingga masyarakat merasa aman dan yakin bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik.

"Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian kalian sebagai anggota Polri. Semoga tugas ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan tanpa hambatan berarti. Mari kita bersama-sama menjaga kehormatan institusi dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan bangsa," kata Kapolda.
Baca juga: Polda Kaltara Apel Panggilan Luar Biasa Untuk Pengamanan Pemilu
Baca juga: Ditpolairud Polda Kaltara ungkap penyelundupan sabu 5 kilo di perairan Juata Laut