Kodim Membantu Pengamanan Sholat Tarawih di Lapas Tarakan

id Lapas

Kodim Membantu Pengamanan Sholat Tarawih di Lapas Tarakan

Personel Kodim 0907/Tarakan membantu pengamanan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Tarakan yang melaksanakan sholat tarawih pada Minggu malam (17/3). ANTARA/HO-Humas Lapas Kelas IIA Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan bersama personel Babinsa Kodim 0907/ Tarakan wilayah Kelurahan Karang Balik melakukan siaga pengamanan sholat tarawih di Lapangan Utama Tarakan, Minggu malam (17/3).

"Kegiatan sholat tarawih merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian dan kerohanian yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan," kata Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan Sutarno.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari beberapa blok hunian.

Siaga sholat tarawih ini dilaksanakan dengan teknis pengamanan melekat oleh personil anggota penjagaan dan piket staf serta beberapa orang personil Kodim 0907/Tarakan.

Sutarno, yang pada kesempatan ini turut memonitor langsung jalannya kegiatan menerangkan bahwa dengan adanya bantuan pengamanan dari personel Kodim Tarakan.

Sehingga Lapas dapat memaksimalkan peningkatan kewaspadaan terhadap potensi gangguan kamtib.

Hal tersebut menindaklanjuti surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Nomor PAS-356.PK.08.05 TAHUN 2024 tentang Peningkatan Kewaspadaan selama kegiatan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Kami berupaya melaksanakan sinergitas dengan jajaran TNI/Polri untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan dan ketertiban selama bulan suci Ramadhan termasuk pelaksanaan sholat tarawih hingga tadarus Al-Qur'an," katanya.

Hal ini merupakan implikasi dari tiga kunci pemasyarakatan maju yakni deteksi dini, berantas narkoba dan sinergitas APH plus back to basic," terangnya.
Baca juga: Warga binaan Lapas Tarakan Siap Berkontribusi Dalam Industri Batik Lokal
Baca juga: Prabowo - Gibran Unggul di Semua TPS Lapas Tarakan