Polres Tarakan Mendirikan Empat Posko Selama Operasi Ketupat Kayan 2024

id Polres

Polres Tarakan Mendirikan Empat Posko Selama Operasi Ketupat Kayan 2024

Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona di Tarakan, Rabu (3/4). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Polres Tarakan mendirikan empat posko selama operasi Ketupat Kayan dalam rangka mengamankan arus mudik serta perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Terdapat empat posko yang akan didirikan selama operasi Ketupat Kayan diantaranya di Pelabuhan Malundung, Pelabuhan Tengkayu I, Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan dan Pantai Amal," kata Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona di Tarakan, Rabu.

Dia memperkirakan puncak arus mudik pada H-3 khususnya di bandara Internasional Juwata Tarakan.

Pihaknya juga telah memetakan titik yang akan disiagakannya personel, dimana petugas gabungan akan lebih fokus terhadap titik yang terdapat penumpukan masyarakat.

Selain itu, kondisi lalu lintas perjalanan angkutan lebaran tak luput dari pantauan pihak kepolisian. Pihaknya mengupayakan pengamanan untuk mengantisipasi adanya kecelakaan laut.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) speedboat di Pelabuhan Tengkayu I.

"Kemarin kami dapat masukan seperti menambah kapasitas penumpang, itu tidak akan kami izinkan. Kalau ada yang coba-coba kita akan lakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku," kata Ronaldo.

Pihaknya juga akan melakukan inspeksi narkotika dengan menyasar motoris speedboat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi awak speedboat dalam keadaan sadar saat mengemudi ke rute tujuan.

"Jangan pikir cepatnya saja ke tempat tujuan, keselamatan itu nomor satu. Karena harapan kami jangan yang beleng-beleng (mabuk, red) bawa speedboat," kata Ronaldo.

Polres Tarakan menggelar apel Operasi Ketupat Kayan 2024 yang melibatkan unsur petugas gabungan di Mako Polres Tarakan pada Rabu (3/4). Operasi Ketupat ini dimulai pada 4 hingga 16 April 2024 mendatang.

Sebanyak 59 personel Polri yang terlibat dalam operasi Ketupat Kayan. Namun, dalam pelaksanaan di lapangan pihaknya akan menugaskan 120 personel yang akan tersebar di berbagai titik.
Baca juga: Polres Tarakan Tetapkan Tujuh DPO Pemilih Ganda Mencoblos di Dua TPS
Baca juga: Polres Tarakan Patroli Ramadhan Antisipasi Aksi Balap Liar