BPSDM: Pencegahan dini penting tuk jaga ketertiban

id Pilkada

BPSDM: Pencegahan dini penting tuk jaga ketertiban

Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri Sugeng Hariyono dalam acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (30/5/2024). (ANTARA/HO-Puspen Kementerian Dalam Negeri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono mengatakan pentingnya deteksi dan pencegahan dini dalam menjaga ketertiban umum menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Sugeng menyampaikan itu dalam acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Kamis.

"Deteksi dini dan pencegahan dini sangat penting dalam menjaga ketertiban umum, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak," kata Sugeng dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, Satpol PP harus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan Pilkada Serentak 2024 berjalan aman dan tertib.

Selain itu, dia juga menyoroti pentingnya pemahaman dan penerapan kewenangan yang telah diberikan kepada daerah.

Ia menekankan pentingnya daerah proaktif dalam mengelola urusan pemerintahan, termasuk di bidang pendidikan dan sosial.

Sugeng juga menekankan pula pentingnya pembuatan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada) untuk mengatur berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Hal itu seperti jam malam bagi anak-anak yang sedang dalam masa belajar, guna memastikan mereka fokus pada pendidikan.

"Kita harus memanfaatkan hak dan tanggung jawab yang diberikan oleh undang-undang untuk mengatur dan mengurus wilayah kita sendiri," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Satpol PP dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan tiga kompetensi utama yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta.

Sugeng berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kewenangan Satpol PP, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam penegakan Perda dan ketertiban umum.
Baca juga: Polres Malinau perkuat sinergi dengan warga agar pilkada aman
Baca juga: Jum'at Curhat Polda Kaltara, Dirbinmas Mengajak Jaga Kamtibmas Menjelang Pilkada 2024