Gubernur Kaltara Berharap Revitalisasi Kesultanan Bulungan Jadi Ikon Kebanggaan

id Pemprov

Gubernur Kaltara Berharap Revitalisasi Kesultanan Bulungan Jadi Ikon Kebanggaan

Gubernur Kalimantan Zainal Arifin Paliwang meletakan batu pertama revitalisasi Kesultanan Bulungan Maulana Muhammad Djalaluddin di Komplek Kesultanan Bulungan, Tanjung Palas, Rabu (7/8). ANTARA/HO-DKISP Kaltara

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Kesultanan Sultan Maulana Muhammad Djalaluddin di kompleks Keraton Kesultanan Bulungan Tanjung Palas, Rabu (7/8).

“Saya berharap Keraton Kesultanan Djalaluddin dan Rumah Bertanduk menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kalimantan Utara juga sebagai sarana mempertahankan dan melestarikan cagar budaya Kesultanan Bulungan,” kata Zainal.

Peletakan batu pertama dalam rangka revitalisasi Keraton Kesultanan Bulungan Sultan Maulana Muhammad Djalaluddin.

"Diharapkan dapat menghidupkan kembali kejayaan Kesultanan Bulungan seperti dahulu kala sehingga bisa menjadi pusat budaya dan pariwisata di Kalimantan Utara,” ujar Gubernur.

Ia menuturkan pada 10 tahun lalu, pewaris Sultan Maulana Muhammad Djalaluddin dalam hal ini Raja Muda H. Datu Dissan Hasanuddin Maulana telah menghibahkan lahan yang dulunya merupakan Istana II Kesultanan Bulungan kepada Provinsi Kaltara.

Adapun luas lahan yang diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Kaltara kurang lebih 8.000 meter persegi.

Hibah lahan tersebut diperuntukkan untuk pembangunan kembali keraton Kesultanan Bulungan yang saat ini kondisinya kian memprihatinkan.

Kesultanan Bulungan merupakan bangunan dan area bersejarah, sebab kerajaan Bulungan memiliki sejarah panjang seperti halnya kesultanan lain yang ada di Indonesia.

Dijelaskan gubernur saat ini Pemprov Kaltara telah menyiapkan anggaran untuk proyek revitalisasi ini, anggaran yang dibutuhkan untuk membangunnya kurang lebih Rp50 miliar bukan hanya berasal dari APBD namun dari anggaran lain anggaran pendapatan dan APBN dan para donatur.

Pemprov Kaltara berkomitmen akan membangun kembali saksi sejarah panjang Indonesia di Kalimantan bagian utara, dan pembangunan akan disesuaikan dengan bentuk aslinya sehingga bisa dijadikan monumen bersejarah.

Gubernur juga meminta doa dan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran pembangunan keraton Kesultanan Bulungan.

Setelah peletakan batu pertama, gubernur menyerahkan bantuan alat olahraga berupa bola sepak dan bola voli kepada 10 desa yaitu Desa Long Peso, Desa Long Pelban, Desa Long Lejuh, Desa Muara Pangean, SMA N 1 Long Peso, Desa Pimping, Desa Panca Agung, Desa Karang Agung, Kelurahan Tanjung Palas, dan Kecamatan Tanjung Palas Utara.
Baca juga: Gubernur Teken Kesepakatan Bersama Penanggulangan Bencana di Wilayah Kalimantan
Baca juga: Wakil Gubernur Kaltara Hadiri Peresmian Gedung Baru ITKK dan Dies Natalis ke-4