Bakamla-Kaltara wacanakan kerja sama keamanan perairan

id Bakamla

Bakamla-Kaltara wacanakan kerja sama keamanan perairan

Pertemuan Pemerintah Provinsi Kaltara diwakili Wagub, Udin Hianggio dengan Bakamla RI di Kantor Gubernur Kaltara di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Rabu (11/4)

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mewacanakan kerja sama berkaitan dengan keamanan dan keselamatan perairan.

Kasubag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono di Tanjung Selor, Rabu menjelaskan, keberadaan di Provinsi Kaltara sebagai sebuah terobosan baru Bakamla RI.

Kerja sama keamanan dan keselamatan perairan ditandatangani Kepala Sub Direkatorat Kerja Sama Dalam Negeri Bakamla RI Eli Susiyanti dengan Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio di Kantor Gubernur Kaltara Jalan Kolonel H Sutaji Tanjung Selor.

Keduanya membahas masalah kemungkinan-kemungkinan adanya kegiatan yang bakal dilakukan bersama-sama berkaitan dengan keamanan dan keselamatan di perairan di daerah itu.

"Kunjungan Bakamla RI di Kantor Gubernur Kaltara dalam rangka membicarakan wacana penandatanganan MoU berkaitan dengan keamanan dan keselamatan perairan di Kaltara," ujar Mardiono.

Meskipun baru sebatas pembicaraan, tetapi format kerja sama yang bakal dilakukan kedua belah pihak telah disepakati sejumlah poin yakni pembentukan forum komunikasi keamanan dan keselamatan perairan, penyediaan dan pemanfaatan teknologi.

Lalu, pengadaan fasilitas infrastruktur berupa lahan atau bangunan perkantoran lengkap dengan sarana prasarananya, pertukaran informasi keamanan dan keselamatan di laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, peningkatan kapasitas SDM pada bidang keamanan dan keselamatan di laut.

Hadir pada pertemuan tersebut yaitu Kepala Seksi Kerja Sama Lembaga Pemerintahan Bakamla RI, Akhmad Firdaus, Kepala SPKKL Tarakan, Afrisal Agung Satria, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kaltara, Sanusi.