Kopertis Kalimantan buka lokakarya Kaltara

id Upaya majukan unikal

Kopertis Kalimantan buka lokakarya Kaltara

Koordinator Kopertis PT Kalimantan di Kaltara (Ulul Masturiah)


Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Prof Idiannor membuka Lokakarya pembukaan program studi baru di Universitas Kalimantan Utara (Unikal)
, Senin (16/4).

Kehadirannya bersama Tim EKA (Evaluasi Kinerja Akademik) dan Tim SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) adalah bukti keseriusan mendukung upaya peningkatan kualitas PTS di Kalimantan.

Kopertis Wilayah XI Kalimatan akan membantu dan mendukung penuh, upaya PTS se Kalimantan dalam rangka meningkatkan mutu dan akreditasi.

Pentingnya mutu pendidikan bagi perguruan tingi, Jurnal internal prodi harus dimiliki oleh masing-masing PTS.

PTS juga bertanggung jawab terhadap pembangunan didaerah masing-masing, sehingga harus mampu mengenali potensi yang ada didaerah.

Terutama dalam penerapan keilmuannya, sehingga keberadaan PTS akan dirasakan langsung kontribusinya bagi pembangunan daerah.

Potensi itu bisa digali oleh dosen-dosen dalam rangka penelitian ataupun dalam karya tulis oleh mahasiswa.

Setelah memberikan arahan di Kampus Unikal, Koordinator Kopertis Wilayah XI bersama tim EKA dan tim SPMI menuju tempat pertemuan di STIE Bulungan Tarakan, untuk melaksanakan pembinaan intensif pada tujuh PTS di Kaltara.

Pembinaan bukan saja persiapan dalam menghadapi reakreditasi namun juga sistem penjaminan mutu pada PTS di Kaltara.

"Saya harap kehadiran tim EKA dan SPMI ini, sangat dimanfaatkan oleh PTS yang ada di Kaltara untuk mendapatkan masukan, saran yang membangun untuk meningkatkan akreditasi maupun sistem penjaminan mutu pada PTS masing-masing," katnaya.

Upaya tersebut merupakan amanah dari Bapak Menristekdikti yang harus dijalankan, untuk terus melakukan peningkatan mutu pada PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah XI khususnya.

"Ini merupakan wujud nyata dari motto kami, "Gentong Terasi" gerakan gotong royong terintegrasi untuk akreditasi," katanya.

"Setiap acara pada suatu PTS di daerah, maka kita integrasikan kegiatannya baik dalam hal pembinaan akreditasi, pembinaan kepegawaian, penjaminan mutu, dan lain-lain".

Agar waktu yang dipergunakan lebih efesien dan efektif untuk mencapai goals kami, yaitu Minimun Akreditasi B bahkan Akreditasi A untuk PTS se Kaliamantan.