Lewat DAK, Tiga Paket Jalan Senilai Rp 99 Miliar Mulai Dikerjakan

id Pembangunan, Jalan,Pedalaman, Perbatasan

Lewat DAK, Tiga Paket Jalan Senilai Rp 99 Miliar Mulai Dikerjakan

PEMBANGUNAN PERBATASAN : Salah satu ruas jalan di wilayah Krayan yang selesai dibangun. Pada tahun ini, melalui DAK kembali dilaksanakan kegiatan pembangunan jalan di wilayah perbatasan Kaltara. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tepatnya Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun ini di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dilaksanakan 3 paket kegiatan pembangunan jalan.

Dua paket untuk pembangunan jalan di daerah pedalaman dan perbatasan, serta 1 paket pembangunan jalan pendukung Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi. Besaran anggarannya sekitar Rp 99 miliar.

Disampaikan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie yang didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara Sudjadi, ketiga paket kegiatan itu sudah masuk dalam tahap pembukaan jalan. "Sejak Maret lalu sudah masuk pada tahap pengerjaan. Saat ini, progress fisik keseluruhan sekitar 16 persen," kata Irianto, Kamis (21/6).

Adapun target pengerjaan masing-masing paket tersebut, untuk pembangunan jalan pendukung KIPI tahun ini ditargetkan 8,6 kilometer. Lalu, pembangunan ruas jalan Long Layu 4,98 kilometer, ruas jalan Long Bawan dan Long Rungan masing-masing 6,75 kilometer.

"Untuk progres fisik masing-masing kegiatan, pembangunan jalan pendukung KIPI sudah 35 persen, ruas jalan Long Bawan 5,0 persen, ruas jalan Long Layu 25,10 persen, dan ruas jalan Long Rungan 3,10 persen," jelas Gubernur.

Ditaksir pengerjaan ruas jalan melalui DAK 2018 ini, akan mencapai targetnya dalam tahun ini juga. Baik kegiatan pembukaan jalan hingga agregat. "Apabila tak ada halangan, dalam tahun ini target pembangunan jalan melalui DAK ini dapat terealisasi. Dan, kita akan usulkan terus tiap tahun hingga sesuai dengan total target yang dibutuhkan," tuntas Irianto. Total target jalan yang diusulkan untuk dikerjakan, imbuh Sudjadi, melalui DAK sekitar 30 kilometer. Sementara untuk total target pembangunan jalan yang akan dituntaskan tahun ini, sekitar 27,08 kilometer.

PELAKSANAAN PEMBANGUNAN JALAN MELALUI DAK TAHUN 2018

1. Pembangunan Jalan Pendukung KIPI

- Tanah Kuning Ruas Tanjung Selor-Sajau

- Trans Kalimantan (SP 3 Tanah Kuning-Tanah Kuning)

- Tanah ke Agregat Kelas B

- Target Pembangunan 8,6 kilometer

- Progress Fisik 35 persen



2. Pembangunan Jalan Perbatasan

- Ruas Jalan Long Bawan-Kampung Baru-Pa Betung-Pa Pani-Batas Negara

- Tanah ke Agregat Kelas C

- Target Pembangunan 6,75 kilometer

- Progress Fisik 5,0 persen



3. Pembangunan Jalan Perbatasan Lingkar Krayan

- Ruas Long Layu-Pa Upan

- Tanah ke Agregat Kelas C

- Target Pembangunan 4,98 kilometer

- Progress Fisik 25,10 persen



4. Pembangunan Jalan Perbatasan Lingkar Krayan

- Ruas Jalan Long Rungan-Long Padi

- Tanah Ke Agregat Kelas C

- Target Pembangunan 6,75 kilometer

- Progress Fisik 3,10 persen



Total Target Pembangunan Jalan : 27,08 kilometer

Total Progress Pengerjaan Jalan : 16,74 persen

Sumber : DPUPR-Perkim Kaltara, 2018