Nunukan rawan terdampak gempa bumi di Malaysia

id kabupaten nunukan, BMKG Nunukan, Jamingi, serfin

Gambar titik-titik potensi gempa yang mengancam Kabupaten Nunukan

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dan sekitar nya rawan berdampak gempa yang terjadi di Negeri Sabah Malaysia.
Hal ini dikemukakan Serfin, prakirawan BMKG Nunukan di Nunukan, Senin sekaitan dengan banyaknya lempengan bawah laut dan melintas di sepanjang daratan di Sempurna Negeri Sabah.
Meskipun Pulau Kalimantan dianggap aman dari gempa namun dampaknya bencana alam yang terjadi di Kabupaten Nunukan dan sekitarnya tetap ada.
Selain potensi terjadinya gempa di Wilayah Malaysia, Kabupaten Nunukan juga akan merasakan getaran apabila terjadi di Kabupaten Berau Kalimantan Timur.
Serfin menjelaskan, titik-titik gempa di Kabupaten Berau cukup banyak sehingga sewaktu-waktu terjadi yang cukup berefek ke daerah itu.
Selanjutnya, Prakirawan BMKG Nunukan bernama Jamingi juga mengakui, beberapa daerah yang berdekatan dengan Kabupaten Nunukan memiliki potensi gempa bumi.
Seperti Laut Sulawesi dan Filipina bagian selatan dan Palu Sulawesi Tengah tetap diwaspadai di Kabupaten Nunukan.
Menurut dia, tiga lempengan bawah laut dan daratan dari Filipina, Sulawesi Barat dan asal Maluku yang bertemu di Palu akan berdampak besar.
Oleh karena itu, jika terjadi gempa bumi di Palu dan sekitarnya yang cukup dahsyat tentunya berdampak di Kabupaten Nunukan.
Jamingi mengatakan, memang tidak ada potensi gempa bumi maupun lempengan yang mengarah ke Kabupaten Nunukan seyogyanya tetap dilakukan motivasi bencana oleh pemerintah daerah setempat.
Mitigasi tersebut perlu diadakan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi dampak gempa bumi bermagnitudo tinggi di daerah lain.
"Lempengan atau patahan bumi yang paling dekat dari Kabupaten Nunukan adalah Semporna Malaysia," sebut Jamingi.
Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar