Tujuh kasus positif COVID-19 bertambah di Kaltara

id covid

Tujuh kasus positif COVID-19 bertambah di Kaltara

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak tujuh kasus positif COVID-19 bertambah di Kalimantan Utara (Kaltara), dimana tambahan kasus semuanya di Malinau.

Adapun tujuh pasien di Malinau yakni dua dari klaster perusahaan dengan inisial ML (39) dan AY (26). Sedangkan lima pasien terpapar karena kontak erat yakni UL (22), NI (55), AA (22), MR (26) dan SS (27).

“Jumlah kasus kumulatif positif COVID-19 sebanyak 294 orang, sembuh sebanyak 265 orang dan meninggal ada dua orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy di Tanjung Selor, Kamis.

Sedangkan pasien yang masih dirawat sebanyak 27 orang yang tersebar di Bulungan ada empat orang, di Nunukan ada tiga orang dan 20 orang di Malinau. Sedangkan persentase kesembuhan sebanyak 91,7 persen.

Selanjutnya jumlah suspek yang diisolasi sebanyak 19 orang. Kasus suspek bila seseorang memiliki salah satu kriteria berikut yakni orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kemudian orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19. Serta orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

“Untuk kasus probable di Kaltara ada 18 orang, kasus probable yakni kasus suspek dengan ISPA berat/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR,” kata Agust.
Baca juga: Satgas COVID-19 tegaskan tak bisa klaim obat tanpa uji lebih dulu
Baca juga: Mendagri sarankan simulasi disiplin protokol COVID-19 di sekolah