Delapan partai dukung pasangan ZIYAP pada Pilgub Kaltara

id Pilgub

Delapan partai dukung pasangan ZIYAP pada Pilgub Kaltara

Pasangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan (ZIYAP) deklarasi untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada 9 Desember 2020. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak delapan partai politik mendukungpasangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan (ZIYAP) pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada 9 Desember 2020.

Partai pendukung tersebut yakni Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Hanura dan PKPI.

Deklarasi dilaksanakan di Hotel Tarakan Plaza, Senin dimana acara penyambutan pasangan ZIYAP dengan atraksi barongsai. Serta memasuki Gedung dengan melaksanakan protocol Kesehatan dengan mencuci tangan, ukur suhu badan dan memakai masker.

Zainal mengatakan bahwa Bersama Yansen akan membangun desa, menata kota Bersama wujudkan Kaltara berubah, maju, sejahtera.

“Kita harapkan angka kemiskinan di Kalatara menurun, atau kalua perlu tidak ada orang miskin di Kaltara,” kata Zainal.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara bahwa angka kemiskinan pada September 2019 – Maret 2020 jumlah penduduk miskin secara absolut bertambah 3,2 ribu orang atau meningkat 0,31 persen.

Persentase penduduk miskin yang berada di daerah pedesaan pada Maret 2020 sebesar 9,46 persen, sedangkan pada daerah perkotaan sebesar 5,06 persen.

Selain itu, pasangan ZIYAP akan ubah HUT Kaltara pada 22 April menjadi 25 Oktober, saat terbentuknya Provinsi Kaltara pecahan dari Kalimantan Utara.

“Rencana mendaftar di KPU Kaltara pada tanggal 6 September, karena tanggal itu hari kelahiran saya,” kata Zainal.
Baca juga: Pasangan IRAW mendapat rekomendasi dukungan dari PKS
Baca juga: Partai Hanura usung Udin Hianggio di Pilgub Kaltara