Satgas TMMD sterilkan lokasi kerja dengan desinfektan

id tmmd

Satgas TMMD sterilkan lokasi kerja dengan desinfektan

Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 109 Kodim 0907/Tarakan mensterilkan lokasi kerjanya dengan desinfektan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Tarakan, Minggu (4/10). Dokumen Kodim 0907/Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 109 Kodim 0907/Tarakan mensterilkan lokasi kerjanya dengan desinfektan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Penyemprotan ke area pemukiman warga tersebut guna mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto selaku Komandan Satgas TMMD ke - 109 di Tarakan, Minggu.

Program TMMD ke-109 ini memang berbeda dengan sebelumnya. TMMD kali ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, perlu ekstra kehati-hatian dalam menuntaskan program pembangunan fisik maupun nonfisik.

Disamping itu, juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan untuk mengedukasi masyarakat. Penyemprotan yang Satgas TMMD lakukan bertujuan untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat.

"Kita yakinkan masyarakat,bahwa kehadiran kami, Satgas TMMD di kampung ini bukan untuk membangun saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan masyarakat," kata Eko Antoni.

Program TMMD selain sasaran fisik , juga terdapat giat nonfisik diantaranya sosialisasi protokol kesehatan dari rumah ke rumah di Kelurahan Harapan.

Dalam pelaksanaanya personel kesehatan yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke - 109 Kodim 0907/Tarakan mendatangi satu persatu rumah warga, memberikan pemahaman protokol kesehatan yang baik dan benar sekaligus membagikan masker kepada masyarakat.

"Kita Lakukan secara door to door, agar masyarakat memahami dan peduli dengan kebersihan baik pada lingkungan maupun kebersihan pribadinya yaitu dengan rajin mencuci tangan juga dalam pemakaian masker pada saat bepergian keluar rumah," kata Dandim.

Dia menambahkan bahwa kesehatan merupakan kunci utama dalam kehidupan setiap orang, akan tetapi masih ada yang belum sadar dan mengerti tentang hal tersebut.

"Sosialisasi yang lakukan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan ditengah pandemi ini, sehingga dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat khususnya yang berada lokasi TMMD," kata Eko Antoni.
Baca juga: Satgas TMMD lakukan pengecatan beberapa Gereja di Tarakan
Baca juga: Satgas TMMD target percepatan penyelesaian pembangunan jembatan