BNPB janjikan alat tes PCR bagi Nunukan

id alat PCR, swab, COVID-19, bantuan pemda, Nunukan

BNPB janjikan alat tes PCR bagi Nunukan

Doni Monardo

Nunukan (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo menjanjikan alat tes PCR (polymerase chain reaction/reaksi berantai polimerase) untuk Kabupaten Nunukan, Kaltara.

"Hal itu guna mempercepat pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus COVID-19," kata Doni Monardo yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Nunukan, Selasa malam.

Hal ini disampaikan saat hendak meninggalkan Kabupaten Nunukan menuju Kabupaten Mamuju, Sulbar pada Rabu.

Ia menyatakan sesuai laporan dari Pemkab Nunukan melalui Kadis Kesehatan dr. Mainstar Tololiu pada rapat koordinasi pada Selasa Malam (30/3) bahwa daerah ini membutuhkan alat PCR.

Informasinya, lanjut dia, selama ini hasil pemeriksaan swab dibawa ke Kota Tarakan terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu dan proses yang lama.

Oleh karena itu, Doni Monrdo menyatakan BNPB akan memberikan bantuan alat PCR bersama dengan Kabupaten Malinau dalam waktu dekat ini.

"Semoga dengan keberadaan alat PCR di daerah ini dapat mempercepat pemeriksaan swab bagi pasien untuk mengetahui konfirmasi COVID-19," kata mantan Danjen Kopassus ini.

Ia menambahkan Pemerintah sangat serius melakukan pencegahan dan percepatan penanganan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan memberikan bantuan alat deteksi terutama PCR.

Apalagi, Kabupaten Nunukan yang terletak di wilayah perbatasan negara dianggap sangat rawan terjadinya penularan COVID-19 lebih cepat.

Baca juga: Menko PMK: Larangan mudik Lebaran 2021

Baca juga: Mobile PCR Lab Tiba di Tanjung Selor
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021