Gubernur sampaikan potensi kelautan dan perikanan pada Trenggono

id Pemprov

Gubernur sampaikan potensi kelautan dan perikanan pada Trenggono

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP di Jakarta, Senin (19/4). Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang memaparkan potensi kelautan dan perikanan yang ada di wilayahnya pada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

"Salah-satunya komoditas udang windu yang sudah terbukti menjadi primadona di pasar Jepang," kata Zainal di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Senin.

Namun pengelolaan tambak-tambak budidaya belum maksimal karena masih berjalan konvensial tanpa adanya sentuhan teknologi.

“Saya berharap ada dukungan dan bantuan program penguatan dari Kementerian KKP di sektor perikanan, budidaya udang windu serta pengembangan rumput laut di Kaltara. Apalagi, Kaltara adalah penghasil rumput laut terbesar di tanah air,” kata Zainal.

Menanggapi hal tersebut, Trenggono meminta Pemerintah Provinsi Kaltara juga jeli membaca potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kaltara.

Di antaranya harus memiliki data yang jelas mengenai potensi yang ada, baik di sektor perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

“Data sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan sehingga program-program yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya,” kata Trenggono.

Pada prinsipnya dia mendukung pemerintah Kaltara yang sedang berupaya mengelola sektor kelautan dan perikanannya agar lebih produktif.

Trenggono juga meminta jajarannya turun tangan membantu pemerintah daerah. Dalam waktu dekat, beberapa dirjen di lingkungan Kementerian KKP akan melakukan kunjungan kerja ke Kaltara guna menajamkan program-program kelautan dan perikanan unggulan di Kaltara.

“Saya ingin Kaltara bisa mewujudkan keinginan Presiden Jokowi dalam memaksimalkan produk kelautan kita yang bersaing di pasar internasional. Dan saya yakin, Kaltara bisa mewujudkannya,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Kaltara didampingi Asisten Pemerintahan Umum Datu Iqro Ramadhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Syarullah Mursalim dan Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur – Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi.
Baca juga: 250 Ribu Ekor Benih Ikan dan Benih Udang Ditaburkandi Sungai Malinau
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar