Gubernur Kaltara Minta Semua Pihak Sinergi Dalam Penangganan COVID-19

id Covid

Gubernur Kaltara Minta Semua Pihak Sinergi Dalam Penangganan COVID-19

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP saat mendistribusikan 500 paket obat-obatan kepada masyarakat Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Selatan Kabupaten Malinau, Kaltara, Senin (05/07/2021). HO - Dinas KISP Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang meminta semua pihak harus saling bersinergi guna menghasilkan solusi yang terintegrasi, agar penangganan COVID-19 benar-benar teratasi.

"Guna mengatasi penyebaran COVID-19, perlu kerjasama seluruh pihak," kata Zainal saat mendistribusikan 500 paket obat-obatan kepada masyarakat Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Selatan Kabupaten Malinau, Kaltara, Senin.

Baik itu Pemerintah Pusat, Pemprov Kaltara dan pemerintah kabupaten/kota di Kaltara. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes).

Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan Pemprov Kaltara kepada pemerintah kabupaten/kota dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Selain obat-obatan, ada bantuan lain sebanyak 1.000 masker medis. Tidak hanya itu, ada masker N-95 juga diberikan sebanyak 1.000 pcs. Selanjutnya, ada pengukur saturasi oksigen sebanyak 10 unit untuk Puskesmas dan Rumah Sakit Pratama (RSP), dan baju hazmat sebanyak 500 lembar.

“Kita berharap dengan bantuan yang telah diberikan dapat membantu masyarakat dan petugas berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Zainal.

Gubernur juga meminta agar masyarakat senantiasa menjaga protokol kesehatan. Dengan protokol kesehatan, tentunya akan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang belakangan ini mengalami peningkatan.

“Proteksi diri dengan menerapkan protokol kesehatan. Itu adalah salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Zainal.

Gubernur mengingatkan, masyarakat Kaltara wajib melaksanakan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi atau bepergian). Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari COVID-19.

“Jadi jangan main-main dengan virus ini karena sangat mematikan, kita harus melakukan proteksi diri, dengan mentaati prokes,” tegas Gubernur.

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Yansen TP saat mendampingi Gubernur Zainal meminta seluruh lapisan masyarakat Kaltara untuk tetap waspada akan situasi saat ini.

Mengingat, penyebaran COVID-19 di sejumlah provinsi di Indonesia terus terjadi peningkatan.

“Ingat, kita semua harus waspada menjaga diri sendiri, keluarga, lingkungan kita dan menjaga k
Kaltara agar tetap aman dan terbebas dari penyebaran COVID-19,” kata Yansen.
Baca juga: Tiga Wilayah Kaltara Diambil Sampel Guna Deteksi Dugaan Varian Baru Covid