Nunukan sudah terbitkan 21.000 kartu identitas anak

id Disdukcapil, Nunukan, kartu identitas anak

Nunukan sudah terbitkan 21.000 kartu identitas anak

Pemerintah Kabupaten Nunukan Kaltara telah menerbitkan 21.000 kartu identitas anak (KIA) namun masih ada kendala bagi program ini akibat pandemi.

Nunukan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten NunukanKaltaratelah menerbitkan 21.000 kartu identitas anak (KIA) namun masih ada kendala bagi program ini akibat pandemi.

Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmaddi Nunukan, Kamis menjelaskan adanya pandemi sehingga tidak ada program tatap muka, hal itu menjadi hambatan pihak sekolah dalam memberikan dokumen melengkapi KIA.

Penerbitan KIA ini menjadi target Disidukcapil dari target nasional 34 persen dan saat ini baru mencapai 28 persen artinya masih kurang sekitar 6 persen.

Disdukcapil Nunukan mengalami hambatan dalam pendataan akibat tak adanya pembelajaran tatap muka karena pandemi COVID-19.

Ia pun memberitahukan bahwa anak yang ingin mendapatkan KIA cukup menunjukkan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran saja.

“Data anak-anak untuk kita buatkan KIA sudah ada, kita dapat dari Disdikbud (Nunukan) melalui data dapodiknya. Tetapi tidak ada fotonya jadi belum bisa kita cetakkan KIA-nya,” sebut Akhmad.

Akhmad menegaskan Disdukcapil Nunukan terus berupaya mencapai target dengan melakukan berbagai langkah untuk mendapatkan data diri dan foto secara lengkap bagi anak-anak usia sekolah di daerahnya.

Ia mengakui juga selain pamdemi, hambatan lain adalah masalah pendataan di kawasan pedalaman karena kondisi geografis yang sulit dijangkau.

KIA bagi anak ini sangat bermanfaat karena fungsinya sama dengan e-KTP yang dapat digunakan sebagai kelengkapan dokumen dan fasilitas lainnya misalnya kerja sama dengan toko buku, pakaian dan lain-lainnya.

Untuk memperlancar penerbitan dan pendataan anak-anak usia sekolah, Akhmad mengharapkan peran kepala sekolah dan perangkat pemerintah di tingkat kecamatan hingga RT dapat membantu dalam pemenuhan kelengkapan dokumen anak di wilayahnya seperti foto.
Baca juga: Hambatan e-KTP Nunukan akibat keterbatasan tinta ribbon
Baca juga: Kartu Identitas Anak, antarkan kinerja Disdukcapil Kaltara level ke-3