Kodim Tarakan mulai gelar vaksinasi usia 12 - 17 tahun

id Vaksin

Kodim Tarakan mulai gelar vaksinasi usia 12 - 17 tahun

Kodim 0907/Tarakan mulai mengelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12 - 17 tahun untuk pertama kali di Tarakan, Kamis (19/8). ANTARA/HO - Pendim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Kodim 0907/Tarakan mulai mengelar vaksinasi COVID-19 untuk usia 12 - 17 tahun untuk pertama kali di Tarakan, Kamis sebanyak 100 dosis.

"Vaksinasi yang ditujukan kepada anak anggota TNI ini tak lain adalah untuk mencegah semakin banyaknya usia remaja terpapar COVID-19," kata Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto di Makodim 0907/Tarakan, Kalimantan Utara.

Eko yang didampingi
Pasi Operasional Kapten Inf Ibrahim Bahar mengungkapkan bahwa vaksinasi masih dikhususkan untuk keluarga besar TNI (KBT). Jumlah vaksin yang disiapkan untuk usia 12 - 17 tahun sebanyak 100 dosis.

"Kami siapkan 100 dosis pertama untuk vaksin Sinovac dan selanjutnya akan dilakukan secara bertahap," kata Ibrahim.

Sejauh ini, pelaksanaan vaksinasi yang dimulai sejak 09.00 WITA pagi tadi, hingga 12.00 WITA, tak ada laporan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi).
Begitu juga selama masa observasi.

“Kami sudah sampaikan harus didampingi orang tuanya. Dan minta kepada orang tua jangan sampai dipaksakan untuk anaknya. Jangan sampai stres sebelum disuntik,” ujarnya.

Ia menambahkan,untuk vaksinasi untuk usia 12-17 tahun untuk kategori masyarakat umum nanti akan dilakukan juga.

“Nanti akan dijadwalkan lagi setelah datang vaksin selanjutnya. Kami sistemnya umumkan usia 12-17 tahun bisa ikut vaksin. Cara daftarnya sama lewat Babinsa kelurahan,” kata Ibrahim.

Selanjutnya untuk vaksinasi ibu-ibu menyusui sudah dilakukan di Kodim 0907/Tarakan, dimana vaksinasi hampir seluruh ibu - ibu menyusui yang masuk keluarga besar TNI (KBT) sudah divaksin.

“Kecuali yang memiliki penyakit atau habis terpapar. Ibu-ibu Persit Kodim dan 613/Raja Alam sekitar 600 orang. Itu sudah tuntas kecuali yang sakit. Ada yang sudah dosis pertama dan kedua,” kata Ibrahim menjelaskan.

Dosis kedua nanti juga akan kembali dilakukan untuk jenis AstraZeneca. Rencananya tanggal 31 Agustus 2021.

Baca juga: Jangan panik, ini tips Dr H Amsal Anwar hadapi COVID
Baca juga: Telaah - Anomali cuaca, berkah di tengah pandemi ?