Gubernur : Universitas Terbuka Ikut Berkontribusi Peningkatan SDM di Kaltara

id Pemprov

Gubernur : Universitas Terbuka Ikut Berkontribusi Peningkatan SDM di Kaltara

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat meresmikan gedung baru Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) di Tarakan, Senin (23/8). ANTARA/HO - Dinas KISP Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara mengatakan bahwa kehadiran Universitas Terbuka telah ikut berkontribusi aktif terhadap peningkatan sumber daya manusia di Kaltara.

“Saya bangga dan cukup senang karena UT telah ikut berkontribusi aktif terhadap peningkatan SDM di Kaltara,” kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat meresmikan gedung baru Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) di Tarakan, Senin.

Menurutnya hal ini menunjukkan komitmen tinggi UT untuk turut serta mewujudkan pendidikan tinggi berkualitas bagi masyarakat Kaltara.

Selain peresmian gedung baru UPBJJ-UT Tarakan juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UT dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pengembangan SDM.

Serta peningkatan angka partisipasi kasar perguruan tinggi di wilayah Kaltara.

“Dengan begitu, kita semakin menyadari pelaksanaan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat bukan hanya dari perguruan tinggi saja, tetapi tanggung jawab dari pemerintah daerah,” kata Zainal.

Gubernur juga mengapresiasi angka partisipasi perguruan tinggi di Kaltara berada pada angka 22,71. Meskipun masih berada pada urutan keempat terbawah, namun sudah terdapat perubahan yang lebih baik.

Zainal optimis jumlah mahasiswa UT akan bertambah. Selain itu, pelaksanaan pendidikan tinggi yang berkualitas juga akan memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan di Kaltara.

Guna terwujudnya Provinsi Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera menjadi hal yang nyata bagi seluruh komponen di Kaltara.

Kehadiran UPBJJ-UT di Tarakan bukan hanya letak geografisnya yang strategis, melainkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi yang berkualitas di Provinsi Kaltara.

Dari data yang diterima, UT telah memiliki 5.000 mahasiswa aktif di lima kabupaten/kota yang menjangkau wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal).
Baca juga: Pemprov Kaltara Subsidi Angkutan Udara Untuk Warga Perbatasan dan Pedalaman
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021