Dishub Kaltara melakukan inspeksi terhadap angkutan mudik lebaran

id Lebaran

Dishub Kaltara melakukan inspeksi terhadap angkutan mudik lebaran

Dinas Perhubungan Kalimantan Utara melakukan inspeksi atau ramp check untuk mewujudkan keselamatan mudik lebaran di Tanjung Selor, Bulungan, Senin (25/4). ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kalimantan Utara melakukan inspeksi atauramp check untuk mewujudkan keselamatan mudik lebaran terhadap Angkutan Umum Perum Damri Cabang Tanjung Selor di Pool Damri Pasar Induk di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, Senin.

"Inspeksi keselamatan atau ramp check dilakukan terhadap seluruh armada angkutan umum baik darat, laut dan udara lebih awal," kata Kepala Dishub Kaltara, Ahmad Hairani di Tanjung Selor, Bulungan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan keamanan dan keselamatan pengguna jasa transportasi pada angkutan lebaran.

“Dilakukan secara menyeluruh khususnya pada bidang transportasi darat yaitu angkutan umum penumpang bus," katanya.

Hairani menambahkan bahwa adanya sinergitas antar instansi dalam mewujudkan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022/1443 H yang aman, selamat, lancar dan tertib.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan pada delapan unit armada angkutan umum bus Damri dan telah dinyatakan lulus uji dan laik jalan.

Kegiatan lainnya meliputi pemeriksaan tes urine yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Kabupaten Bulungan. Tes urine ditujukan kepada pengemudi angkutan umum bus Damri berjumlah delapan orang hasil tes menunjukkan negatif.

Kemudian dilakukan penempelan stiker pada kaca depan bus sebagai tanda kendaraan telah dilakukan pemeriksaan dan aman dioperasikan.
Baca juga: Gubernur instruksikan instansi terkait pantau harga kebutuhan pokok