Berdayakan perempuan dari berbagai aspek, Ini pemenang "Herstory Women Empowerment Companies Award 2022"

id Herstory Women Award ,Meca,Award

Berdayakan perempuan dari berbagai aspek,  Ini pemenang "Herstory Women Empowerment Companies Award 2022"

Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA 2022 (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Beauty, pemberdayaan perempuan terutama dalam bidang ekonomi masih merupakan tantangan panjang di Indonesia.

Upaya pemerataan gender baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang pada gilirannya mempengaruhi inklusivitas pembangunan bangsa, masih harus dilanjutkan dan selayaknya diintensifkan.

Hal ini bukan hanya sekedar untuk pemenuhan program gender, namun atas dasar kesetaraan, keadilan, dan keterbukaan kesempatan yang tak mengenal jenis kelamin.

Oleh karenanya, pemberdayaan perempuan yang telah digalakkan ini sudah seharusnya diapresiasi.

Dan, sebagai sebuah media perempuan, HerStory.co.id pun memberikan apresiasi bagi perusahaan atau organisasi yang memiliki program pemberdayaan perempuan yang akuntabel.

Apresiasi tersebut dalam wujud penghargaan yang berjudul "Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA) 2022" : Equal Opportunity, Equal Progress.

Pada penghargaan Herstory Women Empowerment Companies Award 2022: Equal Opportunity, Equal Progress kali ini, tim peneliti HerStory melakukan riset dan penilaian untuk mendapatkan kandidat-kandidat pemenang dengan program pemberdayaan perempuan terbaik.

Tim peneliti HerStory pun mengklasifikasi dan mengeliminasi perusahaan berdasarkan kategori usaha menurut klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia atau KBLI 2022, merupakan revisi dari KBLI 2015 dan tercatat di sistem online single submission (OSS) Kementerian Investasi.

Adapun, indikator penilaian yang digunakan sebagai parameter untuk menentukan penghargaan yang sesuai untuk setiap kandidat, yaitu kepemimpinan, tempat kerja inklusif gender, peran perusahaan untuk membangun ekonomi perempuan di masyarakat, penggunaan teknologi digital untuk mempromosikan kesetaraan, transparansi dan pelaporan.

Baca juga: Daftar brand penerima MBCA 2022 Warta Ekonomi, Sandiaga: Semoga penerima awards miliki andil dalam kebangkitan ekonomi nasional
Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA 2022 (Ist)


Pemimpin Redaksi HerStory, Clara A. Sukandar, memaparkan bahwa kesetaraan gender yang belum merata di Indonesia dibuktikan dengan data dari hasil riset World Economic Forum.

Menurutnya, dari 156 negara yang diteliti, rupanya Indonesia berada di peringkat 101. Adapun, indikator penilaiannya meliputi partisipasi dan peluang ekonomi, pencapaian pendidikannya, kesehatan dan kelangsungan hidup, dan juga pemberdayaan politik

“Jadi, masih ada beberapa tantangan yang harus kita sama-sama hadapi untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia. Yang pertama, partisipasi perempuan dalam sistem politik ternyata di Indonesia masih sangat rendah, kemudian juga partisipasi dan kesetaraan gender di sektor pekerjaan memburuk akibat adanya pandemi. Dan yang terakhir adalah tingkat literasi belum setara, antara perempuan dan laki-laki,” papar Clara, saat perhelatan Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA) 2022: Equal Opportunity, Equal Progress, yang digelar secara virtual, Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut, Clara pun mengungkapkan bahwa ada beberapa bentuk ketidakadilan gender di ranah kerja yang terjadi di Indonesia, antara lain perbedaan upah untuk posisi yang sama, semata-mata hanya karena gender.

Kemudian juga pelecehan seksual, baik oleh rekan kerja maupun atasannya. Pun, perempuan jarang mendapatkan promosi ketimbang sejawatnya yang laki-laki, padahal dapat dikatakan perempuan juga berprestasi.

“Selain itu perempuan juga mendapatkan diskriminasi, stereotip atau pelabelan negatif terhadap salah satu gender dan juga rasisme,” uajrnya.

Dikatakan Clara, salah satu bentuk ketidakadilan gender di dunia kerja lainnya adalah perbedaan upah yang diterima.

Padahal, mereka baik perempuan maupun laki-laki memikul beban kerja yang sama dan berada di posisi yang sama.

“Nah, ketimpangan gender inipun semakin diperparah dengan adanya pandemi. Ternyata selama pandemi, beban kerja perempuan lebih banyak 3 kali dibandingkan laki-laki untuk mengurus pekerjaan domestik. Kemudian, perempuan juga menerima bayaran lebih rendah 35 persen jika dibandingkan laki-laki di berbagai negara. Data ini kami dapat UN Women dengan fokus penelitian secara internasional,” terangnya.

Clara juga menerangkan bahwa ada beberapa penyebab terjadinya kesenjangan gender di dunia kerja. Dan penyebabnya ini dibagi menjadi dua bagian, yakni institusional dan juga kultur.

Dia bilang, perempuan banyak sekali mendapatkan diskriminasi dalam urusan pemilihan profesi karena alasan tingkat pendidikannya, karena pengalaman kerja dan juga mereka mendapatkan diskriminasi gender di bidang kerja tertentu, dan juga stigma yang masih melekat bahwa perempuan lebih tidak produktif karena harus membagi perannya menjadi seorang ibu dan juga seorang istri.

“Selain itu budaya patriarki yang masih banyak dianut oleh masyarakat Indonesia saat ini juga sangat lekat menjadi faktor adanya gap gender, masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki prinsip bahwa perempuan harusnya mengurus rumah tangga, mengurus suami dan anak. Prinsip-prinsip inilah yang membuat orang tua menerapkan pola asuh yang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki,” paparnya.

Karenanya, sebagai upaya untuk terus memberdayakan peran perempuan dunia kerja, Clara pun mengajak para stakeholders untuk bersama-sama mengatasi norma-norma yang sekiranya merugikan dan juga jangan ragu-ragu untuk mempromosikan karyawan perempuan selagi mereka berprestasi. Kemudian, sambung dia, perusahaan juga harus memberikan kesempatan yang sama dalam berkarir.

“Kita juga harus memastikan perlindungan hukum tentang diskriminatif, kekerasan seksual, dan juga harus sama-sama mengurangi bahkan menghilangkan pekerjaan yang tak dibayar, mengubah budaya dan praktik dalam bisnis perusahaan, serta memperkuat visibilitas dan juga representasi,” papar Clara.

Dipaparkan Clara juga, pemberdayaan perempuan sendiri adalah hal yang sangat penting. Banyak dampak positif yang dapat dirasakan baik oleh diri sendiri maupun perusahaan. Dari segi bisnis, jika perusahaan menerapkan women empowerment, maka eonomi perusahaan pun akan menjadi lebih sehat, juga mendorong investasi yang lebih besar di masyarakat.

“Dampak positif juga dirasakan oleh pertumbuhan perusahaan dengan membuka peluang pasar baru dan memperkuat loyalitas pelanggan. Keuangan, operasional, juga akan membaik dan lebih efektif jika perusahaan menerapkan women empowerment. Dan yang terakhir perusahaan dan juga bisnis terus melahirkan talent-talent yang kuat dan juga mampu untuk terus beradaptasi di dunia kerja,” terangnya.


Srikandi BUMN

Di kesempatan yang sama, Justi Ariesthiawati, selaku Srikandi BUMN Bidang Pengkajian dan Pendampingan Perempuan, sekaligus Ketua Srikandi Telkom Group, menilai bahwa perempuan adalah representasi dari setengah populasi dunia. Maka artinya, perempuan adalah representasi dari setengah potensi masyarakat dunia.

Namun, kata dia, dari banyak fakta-fakta, ketidaksetaraan gender ini masih terjadi dimana-mana dan hal ini tampaknya menghambat kemajuan sosial. Wanita selalu atau masih saja kurang terwakili di semua tingkat kepemimpinan, baik itu di politik, di perusahaan-perusahaan, dll.

“Padahal perempuan itu adalah agen utama perubahan pembangunan. Tercapainya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sangat penting untuk membangun masyarakat yang adil, inklusif, sejahtera dan damai. Berdasarkan UN Suistainable Goals juga, menyatakan bahwa pemberdayaan perempuan sangat penting untuk memperluas pertumbuhan ekonomi dan memajukan perkembangan sosial,” tutur Justi.

Justi pun menyebut bahwa gender sendiri merupakan konstruksi, tren, sikap, perilaku dan atribut yang berkembang dalam masyarakat. Dan menurutnya, kontruksi ini tak seharusnya mendefinisikan apalagi membedakan secara tidak adil, baik itu kompetensi dan kapabilitas seseorang berdasarkan jenis kelamin.

Terkait upaya mencegah ketimpangan gender di tempat kerja sendiri, kata Justi, setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan, yakni seperti meningkatkan pemberdayaan karyawan, membantu karyawan dalam mengelola stres dan mengelola konflik yang disebabkan oleh pemberdayaan peran di kantor dan keluarga, juga meningkatkan dukungan yang diberikan organisasi dan atasan, membantu meningkatkan percaya diri karyawan.

“Selain itu juga dengan mengidentifikasi figure-figur di perusahaan yang memiliki potensi sebagai role model, kemudian juga bahwa dari hasil kajian kami dan rekomendasi ini diperoleh bahwa karyawan yang lebih menyukai pekerjaannya akan cenderung lebih puas dan memiliki komitmen yang lebih tinggi terhadap perusahaannya,” imbuhnya.

Baca juga: 103 perusahaan dapat Indonesia Most Acclaimed Companies Awards 2022 dari Warta Ekonomi
Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA 2022 (Ist)



Terkait dengan keseteraan gender pun, lanjut Justi, pihaknya sudah melakukan diskusi lebih lanjut untuk membahas bagaimana secara strategi perusahaan, khususnya BUMN, untuk dapat menjaga dan meningkatkan engagement karyawan, mengingat dampak positif yang dapat dihasilkan.

Lebih jauh, Justi pun mengapresiasi gelaran awarding HerStory bertema Women Empowerment Companies Award (WECA) 2022: Equal Opportunity, Equal Progress. Ia pun berharap lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang semangat melakukan pemberdayaan terhadap perempuan.

“Karena banyak studi yang membuktikan bahwa betapa pentingnya psychological empowerment atau dalam hal ini pemberdayaan kepada perempuan. Nah tentunya ini tak bisa berdiri sendiri-sendiri, tentunya diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, agar hal yang menjadi cita-cita bagaimana perempuan berdaya, bagaimana bahwa dapat memberikan dampak ekonomi juga, tak hanya kepada BUMN, kepada perusahaan swasta, kepada UMKM yang jadi tempatnya bernaung. Diharapkan, dengan kerja bersama ini semuanya itu dapat dicapai,” tandas Justi.


Arahan Presiden

Selanjutnya, Femmy Eka Kartika Putri, selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK, menuturkan bahwa perempuan merupakan bagian dari koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian, dan Kemenko PMK pun berkomitmen untuk menjalan arahan Presiden RI untuk terus meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang termasuk di dalamnya adalah perempuan.

“Peran perempuan itu penting. Kita harus memberdayakan perempuan itu tadi, mulai dari 1.000 hari pertama kehidupan. Jadi siklus-siklus tahapan kehidupan manusia itu yang harus kita beresin dulu. Kalau 1.000 hari pertamanya sudah baik, tidak stunting, kemudian masuk dengan usia dini kemudian selanjutnya mereka masuk di dalam pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi, ini tentunya berlangsung mulus. Ini hulunya. Jadi perempuan sebagai fokus dan lokus itu berperan betul memang harus berada di sini,” papar Femmy.

Dikatakan Femmy, tak dapat dipungkiri bahwa jumlah perempuan yang menjadi ibu rumah tangga itu berkali-kali daripada para laki-laki. Tapi di satu sisi itulah keuntungan perempuan. Karena menurutnya, perempuan adalah Madrasah di dalam keluarga, yang mana nilai-nilai agama, nilai-nilai karakter, budi pekerti itu semua berada di tangan perempuan.

“Walaupun peran ayah sangat juga diperlukan, tapi tadi sehari-hari anak-anak lebih sering berkomunikasi bersama dengan ibunya. Jadi peran perempuan itu di 1.000 hari pertama kehidupan sampai mengantarkan anak-anaknya nanti ke jenjang perkawinan itu sangat penting,” terangnya.

“Nah kalau ini kita abaikan peran perempuan, nanti juga akan bermasalah untuk masa depan anak-anak kita,” sambungnya.

Lebih lanjut, Femmy pun menilai bahwa seiring berjalannya waktu, kini perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwasanya keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan. Kecerdasan serta kepiawaian perempuan-perempuan Indonesia, khususnya, tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi terhadap pembangunan.
“Banyak perempuan-perempuan desa yang sudah sampai di tingkat S3 dan sebagainya ya, bahkan banyak juga yang duduk menjadi CEO dan sebagainya, kemudian banyak juga menjadi pejabat pejabat pemerintahan, jadi di bidang pendidikan, kesehatan, kini tak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, semua diberikan kesempatan yang sama,” ujar Femmy.

Femmy juga mengatakan, Pemerintah betul-betul mendorong ekonomi perempuan, contohnya seperti memberikan bansos bagi pelaku UMKM, kemudian dan insentif perpajakan, ada relaksasi restrukturisasi, kredit usaha mikro, perluasan pembiayaan UMKM dan kemudian juga ada KL dan BUMN yang menyangga UMKM.

“Tentunya hampir sebagian besar Kementerian dan lembaga ini banyak yang menyangga usaha mikro maupun kecil, jadi tidak perlu lagu-lagu bagi perempuan nanti tentunya di tingkat yang terbawah ya ada pendamping pendampingnya dan mudah-mudahan bisa menjangkau perempuan-perempuan Indonesia yang memang ingin berupaya melalui usaha mikro maupun kecil dan tentunya akan semakin besar usahanya kalau didampingi atau didukung dengan baik,” bebernya.

Femmy pun memaparkan bahwa menurut riset, banyak sekali perempuan yang mengalami dampak sosial maupun dampak psikologis dari pandemi Covid ini. Tapi, pihaknya juga melihat optimisme pelaku UMKM terhadap prospek usaha semakin terbentuk, karena ranah sebagian besar pelaku usaha ini adalah perempuan.

“Berarti perempuan Indonesia ini tangguh betul menghadapi berbagai macam goncangan dunia, ada ketahanan, ada resiliensi dari perempuan-perempuan pelaku UMKM di Indonesia. Ya, rupanya perempuan Indonesia pelaku UMKM itu tangguh, sebagian besar depresinya hanya ringan. Kemudian 93,90% ini yang tinggi ini adalah jadi secara umum ksehatan mental para pelaku UMKM itu baik,” paparnya.

Terkait program Kemenko PMK dalam upaya pemberdayaan perempuan ini, Femmy menjelaskan bahwa pihaknya telah mengkoordinasikan, mengendalikan kebijakan-kebijakan nasional, salah satunya berkenaan dengan pemberdayaan ekonomi nasional.

“Kami sudah sering mengadakan rapat-rapat koordinasi dengan semua pemangku kepentingan terkait, namun demikian kami sendiri pun juga punya kegiatan pemberdayaan perempuan yang salah satunya bekerjasama dengan Kominfo. Jadi kemenko PMK bekerjasama dengan meluncurkan program pelatihan fintech bagi perempuan wirausaha khususnya dan maupun masyarakat umumnya,” ujarnya.

“Target pesertanya adalah 1.000 peserta setiap tahun untuk 10 tahun ke depan. Dan ini juga bisa dijadikan peluang yang baik bagi perempuan Indonesia maupun masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan yang dapat nanti dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan maupun keluarganya,” sambung Femmy.

Terakhir, Femmy pun mengapresiasi perusahaan-perusahaan pemenang award Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA) 2022: Equal Opportunity, Equal Progress ini. Ia pun berharap, award yang dimenangkan ini dapat menjadi pemacu perusahaan yang lain untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan.

“Khususnya yang ada di lingkungan perusahaannya, maupun pemberdayaan perempuan di lingkungan sekitar dari perusahaan tersebut,” imbuhnya.

Baca juga: Indonesia Most Powerful Women Awards 2022, kali kedua HerStory Apresiasi para pemimpin perusaahan wanita inspiratif

Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA 2022 (Ist)


Lebih responsive gender

Senada, Helsyanita, selaku Perencana Ahli Madya Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi KPPPA RI, pun mengucapkan selamat kepada perusahaan yang terpilih sebagai pemenang penghargaan Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA) 2022: Equal Opportunity, Equal Progress kali ini.

Ia pun berharap, baik perusahaan pemenang award ataupun perusahaan-perusahaan lainnya bisa lebih akuntabel dan lebih responsive gender dalam melibatkan perempuan di perusahaan.

“Hal ini agar meningkatkan ekonomi mereka, sehingga tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan yang tadinya rendah, harapannya ke depan lebih meningkat lagi dan kita tidak memungkiri campur tangan dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan, baik itu di bidang digital, bidang kesehatan, kepemimpinan, pendidikan, dan lain-lain sebagainya,” pungkasnya.


Baca juga: BNI CorpU raih predikat Gold Internasional di ajang GCCU Award 2021
Herstory Women Empowerment Companies Award (WECA 2022 (Ist)




Beauty, berikut ini daftar pemenang awarding HerStory bertema Women Empowerment Companies Award 2022 (WECA): Equal Opportunity, Equal Progress dari berbagai kategori.

Yuk, intip para pemenangnya, dan selamat ya untuk para pemenang!


No Nama Perusahaan Kategori Tittle
1 PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Air Transport Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
2 PT Jasa Marga Tbk Construction of Roads and Railways Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
3 PT Paragon Technology and Innovation Cosmetic Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
4 PT. Monica HijauLestari (The Body Shop Indonesia) Cosmetic Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
5 PT L'Oréal Indonesia Cosmetic Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
6 PT Martina Berto, Tbk Cosmetic Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
7 PT Mustika Ratu Tbk Cosmetic Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
8 PT Global Digital Niaga (blibli.com) Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
9 PT Kreasi Nostra Mandiri (sayurbox) Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
10 PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
11 PT Tokopedia Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
12 PT Shopee International Indonesia Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
13 PT Lazada Indonesia Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
14 HijUp.com Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
15 PT Solusi Transportasi Indonesia (GRAB) Digital Platform (marketplace) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
16 PT PLN (PERSERO) Electricity Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
17 PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
18 PT Bank Central Asia Tbk. Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
19 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
20 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
21 PT Bank Mandiri (Pesero) Tbk. Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
22 PT. Bank OCBC NISP, Tbk Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
23 PT Visionet Internasional (OVO) Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
24 PT Bank Jago Tbk Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
25 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi Financial Service Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
26 PT Prodia Widyahusada Tbk Human Health Service (Pharmacy) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
27 PT Merck Indonesia Tbk Human Health Service (Pharmacy) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
28 PT Darya-Varia Laboratoria Tbk Human Health Service (Pharmacy) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
29 PT Kalbe Farma Tbk Human Health Service (Pharmacy) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
30 PT Soho Global Health Tbk (Imboost) Human Health Service (Pharmacy) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
31 PT Asuransi Allianz Life Indonesia Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
32 PT Avrist Assurance Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
33 PT Prudential Life Assurance Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
34 PT FWD Insurance Indonesia Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
35 PT Asuransi Jiwa Sequis Life Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
36 PT Axa Mandiri Financial Services Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
37 PT Astra International Tbk Manufacture Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
38 PT. Unilever Indonesia Tbk Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
39 PT Johnson & Johnson Indonesia Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
40 PT. Procter & Gamble Home Products Indonesia Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
41 PT Nestlé Indonesia Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
42 PT Indofood CBP Sukses Makmur Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Responsive CSR Programs
43 PT Mayora Indah Tbk Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
44 PT Ultrajaya Milk Industry Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
45 PT Sido Muncul Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
46 PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Manufacture (Fast Moving Consumer Goods Industry) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
47 PT Semen Indonesia Tbk Manufacture of Cement Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
48 Jasa Raharja Non-life Insurance Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
49 PT Pertamina (Persero) Oil and Gas Industry Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
50 Perum Damri Other Passenger Land Transport Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
51 PT. Matahari Department Store Tbk Retail Trade Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
52 PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk Retail Trade Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
53 PT Duta Intidaya Tbk (Watson) Retail Trade (Drug Store) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
54 PT Fast Food Indonesia (KFC) Retail Trade (Food and Beverages) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
55 PT. Sumber Indah Lestari (DAN+DAN - anak perusahaan Alfa Group) Retail Trade (Modern Market) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
56 PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Retail Trade (Modern Market) Best Women Empowerment Companies with Outstanding Post Pandemic Adaptation
57 PT PELNI (Persero) Sea and Coastal Water Transport Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
58 PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Telecommunications Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
59 PT XL Axiata Tbk Telecommunications Best Women Empowerment Companies with Outstanding Equal Leadership Commitment
60 PT Indosat Tbk. Telecommunications Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
61 PT Telekomunikasi Seluler Telecommunications Best Women Empowerment Companies with Outstanding Gender Inclusive Workplace
62 PT Media Dokter Investama (Halodoc) Telemedicine Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
63 PT Angkasa Pura II (Persero) Warehousing for Transportation Best Women Empowerment Companies with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
64 PT Pupuk Indonesia Manufacture of Fertilizers and Nitrogen Compounds Best Women Empowerment Companies with Outstanding Management and Accountable Company Reports
Honorary Mention
65 DPR RI House of Representatives Best Women Empowerment Institution with Outstanding Gender Responsive Policies
67 Kementerian Kesehatan Ministry Best Women Empowerment Ministry with Outstanding Gender Responsive Programs
67 Kominfo Ministry Best Women Empowerment Ministry with Outstanding Digital Boost for Inclusivity
68 Komnas Perempuan Institution Best Women Empowerment Institution with Outstanding Gender Responsive Policies
69 Kementerian Pertanian Ministry Best Women Empowerment Ministry with Outstanding Gender Responsive Programs




Baca juga: Daftarkan putera putri terbaik Kaltara untuk SATU Indonesia Awards 2019