Buka Festival KKB, Gubernur perkenalkan platform digital Kaltaradihati SHOP

id Pemprov,Kaltara selalu hati

Buka Festival KKB, Gubernur perkenalkan platform digital Kaltaradihati SHOP

Buka Festival KKB, Gubernur perkenalkan platform digital Kaltaradihati SHOP (dkisp)

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum membuka secara resmi Festival Karya Kreatif (KKB) Benuanta di Kota Tarakan, Senin (21/11).

Dalam acara tersebut, Gubernur juga berkesempatan meluncurkan aplikasi Kaltaradihati SHOPyang memiliki potensi besar untuk membantu Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) untuk menjajakan produknya melalui digitalisasi.

Gubernur mengungkapkan, hadirnya platform digital Kaltaradihati SHOP diharapkan dapat membantu pelaku UMKM.

“Kita berharap agar pelaku UMKM yang ada di Kaltara ini dapat menembus pasar digital melalui platform aplikasi Kaltaradihati SHOP,”terangnya.

Pasalnya, situasi saat ini terhadap perekonomi nasional, dan daerah memaksa para pelaku UMKM untuk terus melakukan inovasi. Salah satunya melalui platform digitalisasi, di mana UMKM dapat melakukan transaksi jual beli melalui aplikasi.

“Hal ini juga dapat membantu pemerintah dalam menangani dan mengendalikan inflasi,”jelasnya.

Pemerintah, kata Gubernur juga terus bersinergi yang kuat dalam menangani inflasi nasional. Di mana hal itu menjadi atensi Presiden RI Joko Widodo agar seluruh kepala daerah untuk menekan inflasi di daerahnya.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan pengendalian inflasi pangan yang terdiri dari pasar murah, perluasan kerjasama antar daerah, komitmen bersama pengembangan digitalisasi data dan informasi pangan.

“Kegiatan Festival Karya Kreatif Benuanta di Kaltara yang digelar saat ini merupakan salah satu upaya mendukung hal itu. Sebab, event ini mengangkat tema ‘Bersinergi Memperkuat Ketahanan Ekonomi Melalui UMKM Benuanta Mandiri, Inovatif dan Digital’,”katanya.

Gubernur berharap seluruh pihak dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki. Ia juga meminta seluruh masyarakat Kaltara agar berpartisipasi dan berkontribusi menyukseskan kegiatan Festival Karya Kreatif Benuanta.

“Sebab, kegiatan ini salah satu langkah kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merupakan bagian dari upaya mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,”jelasnya.

Gubernur berharap melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat dan inovasi masyarakat untuk mendorong ketahanan ekonomi berkelanjutan.

“Sehingga kita dapat meningkatkan kapasitas UMKM secara berkelanjutan dan memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar menembus pasar internasional,”tuntasnya. (dkisp).

Baca juga: Gubernur: Rehabilitasi mangrove bakal dibantu Bank Dunia
Baca juga: Grand final Duta Wisata Indonesia ke-16 dihadiri Gubernur Kaltara
Baca juga: Gubernur ; Bangun kompetisi yang sehat
Baca juga: Musda ketiga DPD KNPI, Gubernur ingatkan pemuda Kaltara harus kompak
Baca juga: Gubernur Zainal ajak bersama bangun desa berkelanjutan
Baca juga: Pastikan Pemprov Kaltara hadir stabilkan harga udang
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2022