Mahkamah Agung bangga atas kinerja pengadilan di Kaltara

id MAHKAMAH AGUNG, PENGADILAN NEGERI, TANJUNG SELOR, KALTARA

Mahkamah Agung bangga atas kinerja pengadilan di Kaltara

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI menjawab pertanyaan wartawan di Pengadilan Negeri Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. (Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Bambang Myanto berbangga atas kinerja yang ditunjukkan pengadilan-pengadilan negeri di Kalimantan Utara.

“Saya berkunjung ke Tarakan, Nunukan, dan Tanjung Selor dan saya berbangga bahwa Kalimantan Utara ini termasuk pengadilan-pengadilan terjauh dan terluar namun bisa memberi pelayanan yang standar, bahkan PN Tanjung Selor (Bulungan) terbaik kedua nasional, ” kata Bambang Myanto di Tanjung Selor, Jumat.

Bambang Myanto berkunjung ke Pengadilan Negeri Tanjung Selor dalam rangka pembinaan lembaga peradilan. Sebelumnya ia mengunjungi Pengadilan Negeri Tarakan, Pengadilan negeri Malinau, dan Pengadilan Negeri Nunukan.

Kunjungan ini sekaligus memotivasi dan memberikan pembinaan, sekaligus mengetahui kondisi terakhir kondisi pengadilan-pengadilan di wilayah Kalimantan Utara.

Bambang Myanto mengatakan kinerja pengadilan-pengadilan di Kalimantan Utara sangat baik. Pengadilan Negeri Tanjung Selor misalnya, pada 2023 kinerja mampu menempati ranking dua nasional.

“Sekarang nilainya pun sudah di atas 900 sekian. Pengadilan Kalimantan Timur aja yang baru berdiri, sekarang ini di atas 700. Jadi kinerja sudah sangat luar biasa. Ini membanggakan, sudah memenuhi standar yang kita harapkan padahal pengadilan-pengadilan sangat jauh. Saya sangat bangga atas kinerja semuanya,” tutur dia.

Bambang Myanto menambahkan Pengadilan Negeri Tanjung Selor baru naik tipe Satu B. Setelah menjadi pengadilan di ibu kota provinsi dan kehadiran Pengadilan Tinggi ke depan, Pengadilan Negeri Tanjung Selor akan naik tipe jadi pengadilan Satu A.

“Tetapi untuk naik Satu A ada persyaratan yang harus dipenuhi. Kita akan analisa apakah nanti bisa naik ke kelas Satu A,” ujar dia.

Yang tidak kalah penting kata Bambang, yang utama yang akan dilakukan adalah pembentukan Pengadilan Tipikor dan Pengadilan Hubungan Industrial di ibu kota Kalimantan Utara.

“Kita sedang dorong ini dulu. Untuk Pengadilan Tinggi, sudah ada kepaniteraan tipikor dan Senin (pekan depan) kita akan melantik dua orang hakim ad hoc yang sekaligus akan diperbantukan untuk membantu kegiatan di Pengadilan Tinggi.

Terkait pembangunan gedung Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara, Bambang Myanto mengatakan dua alternatif lokasi di Tanjung Selor akan dirapatkan dan diputuskan di Jakarta dalam waktu dekat.