Kantor baru DPRD Kaltara akhirnya difungsikan

id DPRD Kaltara,Dprd

Kantor baru DPRD Kaltara akhirnya difungsikan

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang (menggunakan baju khas Dayak Kenyah) bersama jajaran DPRD dan tokoh masyarakat mengabadikan momen pada syukuran Hari Jadi Ke-11 PRovinsi Kaltara di kantor baru DPRD Kaltara di Tanjung Selor, Selasa (24/10/2023). (ANTARA/Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Gedung kantor baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara, akhirnya difungsikan untuk pertama kalinya, menjelang Hari Jadi Ke-11 Provinsi Kalimantan Utara yang jatuh pada 25 Oktober besok.

“Alhamdulillah, setelah mulai dibangun pada 2022 akhirnya gedung ini dapat difungsikan,” kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Selasa.

Gedung baru DPRD Kalimantan Utara untuk pertama kalinya digunakan pada kegiatan Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kalimantan Utara pada Selasa (24/10/2023).

Pembangunannya dilakukan secara multiyears kontrak atau tahun jamak menggunakan APBD total sebesar Rp204 miliar. Lokasi gedung berada di jalan poros Trans Kalimantan, lokasi Kota Baru Mandiri Tanjung Selor.

Pada pelaksanaan rapat paripurna istimewa itu juga digelar syukuran HAri Jadi Kalimantan Utara, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Zainal A Paliwang, dan pemotongan Nasi Rasul oleh Ketua DPRD Albertus Stefanus Marianus.

Rapat paripurna istimewa ini turut dihadiri Wakil Gubernur Yansen, Ketua TP PKK Hj. Rahmawati Zainal, pimpinan dan anggota DPRD, serta forum komunikasi pimpinan daerah.

Gubernur Kalimantan Utara dalam penyampaiannya mengatakan, banyak capaian pembangunan yang telah ditorehkan Kalimantan Utara pada usianya ke-11 tahun.

"Dan, pada usia ini, tantangan pembangunan terus dilalui untuk semakin tumbuh dan maju," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berkomitmen memberikan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui percepatan pelayanan publik dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Gubernur menerangkan tema Hari Jadi Kalimantan Utara 2023 “Maju Bersama Kaltara Sejahtera” merupakan kata sederhana yang artinya semua pihak masyarakat dan pemerintah saling mendukung dalam semua proses pembangunan.

Menurutnya, masyarakat harus turut berperan menjadi pelaku dan berkontribusi dalam pembangunan untuk mendorong kemajuan ekonomi.

"Maju bersama adalah tentang sinergi dan kolaborasi untuk mencapai tujuan yakni Kalimantan Utara yang sejahtera,” demikian Gubernur Kalimantan Utara.

Baca juga: Fokus Pembangunan Ekonomi Hijau
Baca juga: Perubahan APBD 2023 Kaltara Difokuskan Pada Kegiatan Prioritas
Baca juga: Pemprov Kaltara dan DPRD sepakati perubahan KUA-PPAS APBD 2023
Baca juga: Pemprov alokasikan Rp15 Miliar untuk perbaikan Jalan Lingkar Krayan
Baca juga: DPRD Kaltara bahas Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan