BI Perkirakan Perekonomian Kaltara Kembali Tumbuh Positif Pada 2024

id Bank Indonesia

BI Perkirakan Perekonomian Kaltara Kembali Tumbuh Positif Pada 2024

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltara Seno Indarto. ANTARA/HO-Humas Perwakilan BI Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Bank Indonesia memperkirakan perekonomian Kalimantan Utara kembali tumbuh positif pada tahun 2024.

“Dari sisi pertumbuhan ekonomi, kami proyeksikan perekonomian Kaltara 2024 tetap tumbuh positif pada kisaran 4,41– 5,31 persen (yoy),” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltara Seno Indarto di Tarakan, Minggu.

Kinerja positif tahun 2024 diperkirakan didorong oleh pembangunan sejumlah pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti Kawasan Industri Hijau (KIHI), jalan perbatasan Malinau – Krayan dan proyek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan.

Selain itu, sektor industri pengolahan juga diperkirakan turut mendorong kinerja positif perekonomian seiring potensi perbaikan permintaan sejumlah komoditas seperti olahan ikan, CPO serta pabrik kertas yang diperkirakan mulai beroperasi akhir 2024.

Ketegangan geopolitik global yang terus berlanjut diperkirakan akan berpotensi menghambat rantai distribusi komoditas yang diprakirakan berdampak pada pertumbuhan harga jual sejumlah komoditas komoditas ekspor utama.

Seperti batu bara dan menjadi salah satu faktor penahan pertumbuhan PDRB Kaltara yang lebih tinggi tahun 2024.

Di sisi inflasi, diperkirakan pada kisaran 2,5 plus minus satu persen
, hal ini didorong oleh prakiraan kondisi cuaca yang lebih kondusif pada tahun 2024, sehingga terjadi peningkatan produktivitas.

Selain itu, mobilitas masyarakat dan aktifitas perekonomian yang terus membaik juga berpotensi meningkatkan jumlah dan rute penerbangan dari dan menuju Kaltara.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan perekonomian Kaltara 2023. Disebutkannya, kinerja ekonomi Kaltara terus menguat pada triwulan III 2023.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltara pada triwulan III-2023 kembali tumbuh positif sebesar 4,79 persen atau 2,51 dan merupakan yang tertinggi kedua di regional Kalimantan.

Serta capaian inflasi tercatat sebesar 2,21 persen yang lebih rendah dari inflasi Kalimantan dan nasional.

Stabilitas sistem keuangan Kaltara juga tetap tumbuh positif dengan risiko yang terjaga.
Baca juga: Tas "Christian Dior" dari Kulit Kayu Dijual di Festival Karya Kreatif Benuanta
Baca juga: Festival Karya Kreatif Benuanta Mendorong UMKM Berdaya Saing Tinggi