RSUD Jusuf SK Tarakan Asesmen Kompetensi Klinik Perawat dan Bidan

id Pemprov

RSUD Jusuf SK Tarakan Asesmen Kompetensi Klinik Perawat dan Bidan

Peserta asesmen kompetensi klinik perawat dan bidan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Jusuf SK Tarakan, Senin (1/7). ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Jusuf SK Tarakan melaksanakan asesmen kompetensi klinik perawat dan bidan di Tarakan, Senin.

"Tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk memberikan penghargaan dan pengakuan profesional kepada perawat dan bidan yang telah mencapai kompetensi dalam bentuk sertifikasi level kompeten," kata Ketua Panitia Asesmen Kompetensi Klinik Perawat dan Bidan Ns. Sardi Muhammad.

Perawat dan bidan sebagai sebuah profesi harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terjamin keamanannya.

Untuk memastikan hal tersebut, seorang perawat atau bidan harus memiliki kompetensi yang memadai.

Demikian juga, perawat dan bidan di RSUD dr. H. Jusuf SK, sebagai rumah sakit rujukan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), harus dipastikan kompetensinya sesuai standar saat berpraktik melayani masyarakat.

"Kegiatan ini diikuti oleh 164 asesi terdiri dari perawat dan bidan, dengan melibatkan 45 tim asesor yang bersertifikasi HPMI (Himpunan Perawat Manajer Indonesia)," kata Sardi.

Asesmen dibagi menjadi dua tahap, yaitu gelombang pertama dilaksanakan 1 Juli dan gelombang kedua dilaksanakan 23-24 Juli 2024 . Adapun sistem asesmen mencakup aspek tulis, lisan dan observasi.

"Asesmen ini juga penting untuk memastikan bahwa setiap individu yang bekerja di rumah sakit memiliki kompetensi yang memadai. Ini juga merupakan langkah untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien," kata Sardi.

Dari hasil asesmen tersebut, diharapkan peserta dapat dinyatakan kompeten dan berhak untuk naik ke tingkat selanjutnya.

"Kami berharap hasil dari proses ini, para peserta mendapatkan sertifikat kompetensi dan diakui sesuai dengan bidang dan tingkatannya. Kompetensi yang dimiliki mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan sikap," katanya.
Baca juga: Sambut HUT ke 78 Bhayangkara, Sekprov Apresiasi Gelaran Jalan Sehat
Baca juga: Gubernur Kaltara Himbau Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Tahapan Pilkada