Karya Kreatif Benuanta 2024 Menghadirkan 70 UMKM di Kaltara

id Bank Indonesia

Karya Kreatif Benuanta 2024 Menghadirkan 70 UMKM di Kaltara

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali menyelenggarakan kegiatan Karya Kreatif Benuanta (KKB) 2024 di Tarakan. ANTARA/HO-Humas Perwakilan Bank Indonesia Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Karya Kreatif Benuanta (KKB) 2024, Strategic Flagship Event (SFE) tahunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menghadirkan 70 UMKM yang berasal dari lima kabupaten/kota di Kalimantan Utara.

"Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, Lanud Anang Busra dan berbagai stakeholder lainnya. KKB 2023 digelar selama dua hari tanggal 10-11 Agustus 2024," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara Wahyu Indra Sukma di Tarakan, Jumat.

Selain itu, KKB 2024 ada workshop bahasa isyarat dan berbagai kegiatan bersama komunitas, Gerakan Pangan Murah, Fashion Show yang menampilkan keluhuran wastra Kalimantan Utara, Launching E-Katalog UMKM Kaltara dan masih banyak lagi.

Indra juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kegiatan di Rangkaian Karya Kreatif Benuanta (KKB) 2024 mengganggu aktivitas masyarakat.

“Khususnya KaltaraRun yang memang banyak sekali peminatnya. Kami minta maaf jika nanti mungkin akan sedikit mengganggu pengguna jalan dengan ramainya peserta KaltaRun ini, semoga masyarakat khususnya Tarakan dapat memaklumi,” katanya.

Selanjutnya juga disampaikan adanya berbagai layanan seperti penukaran uang kecil termasuk logam dan layanan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) serta pengaduan konsumen oleh OJK Kaltim Kaltara.

“Kalau sebelumnya kami masih sering mendapat pertanyaan dan permintaan untuk melakukan BI Checking, di KKB ini juga akan ada Booth OJK Kaltim Kaltara dengan layanan SLIK dan pengaduan konsumen. Semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal,” kata Indra.

Dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) BI Kaltara juga berkolaborasi dengan TPID Kota Tarakan melalui pasar murah.

"Untuk hari sabtu pasar murah sudah akan ready dari pagi, jadi ibu bapak semua sudah bisa langsung belanja setelah zumba” jelas kata Indra.

Menanggapi terkait lokasi KKB 2024 yang berada di area militer yaitu pangkalan udara Lanud Anang Busra, Indra menjelaskan telah mendapatkan dukungan penuh dari Komandan Lanud Anang Busra.

“Kita sudah sepakati untuk akses masuk akan dipermudah, tapi tentu kita semua sama-sama menjaga dengan tetap bersikap baik,” katanya.

Terakhir, di tekankan oleh Indra untuk seluruh kegiatan yang diselenggarakan di KKB 2024 ini tidak dipungut biaya atau gratis, kecuali memang transaksi pribadi atau belanja di UMKM.

“Kecuali booth UMKM semua kegiatan kita gratis termasuk konser. Namun memang kami juga menyediakan kupon doorprize yang dapat ditukarkan dengan struk belanja minimal Rp100.000,- dan berlaku kelipatan," kata Indra.

Selain kupon doorprize, struk juga dapat ditukarkan dengan gelang konser yang nantinya dapat lokasi nonton yang lebih depan.

"Kami sediakan kapasitas 1.000 orang. Tapi tanpa gelang juga tetap bisa menonton,” katanya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi UMKM di KKB 2024 dan harapannya dapat meningkatkan minat beli mayarakat pada produk UMKM lokal Kaltara dalam jangka panjang.

Event KKB 2024 merupakan event KKB keempat yang diharapkan memiliki dampak yang lebih luas dan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi khususnya di Kaltara.
Baca juga: Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara
Baca juga: BI Tanam Perdana Cabai Dengan Metode Proliga di Kaltara