Data Disdukcapil Kunci Kesejahteraan Rakyat

id ,

Data Disdukcapil Kunci Kesejahteraan Rakyat

KEPENDUDUKAN : Wagub Kaltara, H Udin Hianggio kala menghadiri Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pelatihan Tenaga Operator SIAK di Convention 1 Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Rabu (26/4). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Masalah kependudukan masih ramai diperbincangkan khalayak hingga saat ini. Terutama di daerah yang menggelar pesta demokrasi. Untuk itu, validitas data dan informasi kependudukan menjadi kunci agar masyarakat tak keliru memahami permasalahan kependudukan yang ada di wilayahnya. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Wagub Kaltara), H Udin Hianggio saat membuka Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pelatihan Tenaga Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Convention 1 Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Rabu (26/4). “Sesuai aturan yang berlaku, hanya data dan informasi kependudukan yang bersumber dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yang dapat dipergunakan sebagai data dalam kegiatan pemerintahan,” kata Wagub.

Utamanya, dalam pagelaran pesta demokrasi, baik pemilihan presiden, gubernur, bupati maupun walikota. “Di Kaltara sendiri, tahun depan hanya Kota Tarakan yang menggelar Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), dan data serta informasi yang digunakan nantinya, sedianya valid dan bersumber dari Disdukcapil,” jelas Wagub.

Kepentingan lain sumber data dan informasi Disdukcapil, adalah untuk data kegiatan Pemerintah Pusat. Serta, sumber informasi bagi pembangunan sarana-prasarana pemerintahan dan publik yang berujung pada kesejahteraan masyarakat. “Indonesia ini diprediksi akan mendapat “bonus demokrasi” karena jumlah penduduk pada 2020-2030 rata-rata masuk usia produktif sehingga akan memberikan manfaat bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bangsa,” urai Wagub.

Dijelaskan juga oleh Wagub, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur kependudukan dan pencatatan sipil perlu ditingkatkan. Ini berkaitan dengan kualitas data dan informasi yang akan digunakan masyarakat dan pihak berkepentingan lainnya.