Keunggulan pesawat yang akan dibeli Kaltara

id keunggulan pesawat N219

Keunggulan pesawat yang akan dibeli Kaltara

Keunggulan N219 kemampuan short take of landing

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengalokasikan sekitar Rp40 miliar untuk tahap awal dalam APBD 2018 guna membeli pesawat jenis N-219 PT. Dirgantara Indonesia.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, belum lama ini menjelaskan pembelian pesawat buatan dalam negeri tersebut untuk membantu peningkatan pelayanan bagi masyarakat di wilayah perbatasan dengan Malaysia dan pedalaman Kaltara.

Apalagi, jasa penerbangan di daerah itu saat semakin terbatas pascaadanya maskapai yang tidak diperpanjang izin operasinya oleh pemerintah seperti Kalstar dan MAF.

Beberapa alternatif yang dapat dilakukan, yakni peminjaman kredit di perbankan dan kerja sama dengan maskapai yang telah memiliki izin operasi atau pengalaman mengelola bisnis penerbangan.Pilihan lain, "leasing" pada tahun berikutnya sebagai modal awal untuk membeli satu unit pesawat yang diinginkan.



Berikut ialah keunggulan Pesawat Pertama N219:

1. Pesawat Pertama N219 didesain sesuai kebutuhan masyarakat terutama di wilayah perintis sehingga memiliki kemampuan short take of landing dan mudah dioperasikan di daerah terpencil, bisa self starting tanpa bantuan ground.

2. Menggunakan teknologi yang sudah banyak ditemukan di pasaran atau menggunakan common technology sehingga harga pesawat lebih murah dengan biaya operasi dan pemeliharaan rendah.

3. Menggunakan teknologi avionik yang lebih modern dan banyak digunakan di pasaran yakni Garmin G-1000 dengan Flight Management System yang didalamnya sudah terdapat GPS, sistem autopilot dan Terrain Awarenness dan Warning System.

4. Memiliki kabin terluas dikelasnya dan serba guna untuk berbagai macam kebutuhan seperti untuk pengkutan barang, evakuasi medis, pengangkutan penumpang bahkan pengangkutan pasukan.

5. Multihop Capability Fuel Tank, teknologi yang memungkinkan pesawat tidak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya.

6. Purwarupa Pertama Pesawat N219 ini memiliki kecepatan maksimum mencapai 210 knot dan minimum 59 knot sehingga dengan kecepatan rendah pun pesawat masih bisa terkontrol. Ini sangat penting terutama saat memasuki wilayah yang bertebing, pegunungan.

7. Purwarupa Pertama Pesawat N219 juga dilengkapi dengan Terrain Awareness and Warning System, atau alat yang mendeteksi bahwa pesawat ini sedang menuju kepada atau mendekati wilayah perbukitan, sistem pesawat akan memberikan tanda, visualisasi secara tiga dimensi sehingga pilot bisa melihat secara langsung kondisi perbukitan yang akan dilaluinya.

8. Purwarupa Pertama Pesawat N219 memiliki nose landing gear dan main landing gear atau tidak dapat dimasukan ke dalam pesawat saat terbang sehingga akan memudahkan pesawat melakukan pendaratan di landasan yang tidak beraspal bahkan bebatuan.

baca delapan keunggulan pesawat buatan PT. DI (https://www.antaranews.com/berita/647011/delapan-keunggulan-pesawat-n219)