Harga rumput laut di Nunukan Rp11.000/kg

id Rumput laut nunukan

Pembudidaya menarik rumput laut hasil panen dari perahu di perkampungan nelayan di Lancang Kelurahan Tanjung Harapan Kabupaten Nunukan.

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Harga rumput laut di Kabupaten Nunukan, Kaltara, sempat turun menjadi Rp9.000 per kilogram kering kini kembali naik Rp11.000 per kilogram.

Pembudidaya rumput laut di Lancang Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan bernama Anto Leo di Nunukan, Rabu mengatakan, harga Rp9.000 per kilo gram sempat bertahan hingga dua bulan.

Namun naik lagi sejak awal Mei 2018 menjadi Rp11.000 per kilo gram.

Kenaikan harga rumput laut di daerah itu memotivasi pembudidaya untuk menambah produksi setiap panen, kata Anto Leo.

Hal yang sama dikemukakan, Kamaruddin, pembudidaya rumput laut di Kampung Mamolo melalui sambungan telepon seluler, Rabu.

Pada saat harga turun menjadi Rp9.000 per kilo gram sempat meresahkan pembudidaya karena dikhawatirkan kejadiannya sama pada 2016 lalu.

Ia mengutarakan, pada 2016 harga rumput laut sempat anjlok menjadi Rp6.000 per kilo gram yang menyebabkan pembudidaya banyak yang beralih profesi menjadi nelayan tangkap ikan.

Kamaruddin bersyukur, harga rumput laut di Kabupaten Nunukan cepat normal menjadi Rp11.000 per kilo gram.

"Keberadaan eksportir salah satu cara yang bisa mengstabilkan harga rumput di Kabupaten Nunukan," harap dia.

Selama ini hanya pengepul yang membeli rumput laut milik warga setempat sehingga seringkali "memainkan" harga. Meskipun belum ada gejolak pada tingkat pabrikan.

Sebelum turun menjadi Rp9.000 per kilo gram, harga rumput laut sempat tembus pada kisaran Rp21.000 per kilo gram.



Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar