BUMDes Diharap Kembangkan Potensi Desa

id Badan, Usaha, Milik, Desa, Kembangkan, Potensi

BUMDes Diharap Kembangkan Potensi Desa

POTENSI DESA : Pengembangan desa wisata sedianya dapat dilakukan oleh BUMDes. Tampak foto Desa Wisata Setulang, Malinau. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kaltara dapat mengembangkan potensi yang ada di desa. Dengan begitu, akan mampu meningkatkan pendapatan asli desa yang berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat desa. "Kita berharap agar BUMDes dapat melihat potensi yang ada di desa," kata Kepala DPMD Kaltara Wahyuni Nuzband, baru-baru ini.

Menurutnya, begitu banyak potensi desa yang harus dikembangkan. Misalnya, potensi pariwisata yang ada di desa. Untuk mendukung itu, lanjutnya, perangkat desa dan pengelola BUMDes, harus mengenali potensi desa masing-masing. "Potensi ini tidak hanya bersifat sumber daya alam saja, dalam hal ekonomi pertanian, perikanan, namun juga termasuk potensi potensi plasma nutfah yang ada di desa, wisata alam maupun budaya," jelasnya. Untuk itu, diperlukan sinergitas baik pemerintah desa maupun pengelola BUMDes, untuk menggali secara optimal potensi desa di Kaltara. Contohnya, pengembangan desa wisata. Dimana desa wisata itu berbasis pada budaya, atau plasma nutfah.