PWI bentuk TPF dalami kematian Yusuf

id tpf yusuf

PWI bentuk TPF dalami kematian Yusuf

logo PWI (dok)

Jakarta (Antaranews Kaltara) – Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Pusat segera membentuk Tim Pencari Fakta ( TPF ) guna mendalami kejadian apa di balik kematian wartawan Muhammad Yusuf.

Plt Ketua Umum Sasongko Tedjo mengatakan ( Kamis 14/6/18), tim yang akan dipimpin langsung Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang itu dibentuk atas perkembangan terkait kematian Yusuf.

Pembentukan tim mencermati perkembangan kasus kematian Muhammad Yusuf, wartawan Kemajuan Rakyat dijeruji besi Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru Kalsel.

Tim diharapkan mulai bekerja setelah lebaran, antara lain mengumpulkan dan memverifikasi informasi terkait dengan proses penangkapan dan penahanan Muhammad Yusuf.

Ada berbagai kemungkinan, misalnya dugaan mengabaikan prosedur, termasuk mempertimbangkan aspek aspek kemanusiaan.

TPF PWI Pusat juga akan meneliti penerapan prinsip penanganan sengketa pers berkaitan dengan posisi Yusuf sebagai wartawan di sebuah media.

Dalam sebuah pemberitaan tidak bisa langsung vonis wartawan karena ada redaktur, dan redpel.

Dikatakannya bahwa TPF PWI Pusat bertugas mencari fakta secara langsung dan akan berkoordinasi dengan Kepolisian, Dewan Pers, keluarga almarhum, dan media tempat Yusuf bekerja.

***