Dua TKI asal NTT dipulangkan karena sakit

id tki sakit, imigrasi nunukan

Dua TKI asal NTT dipulangkan karena sakit

Dua TKI asal NTT masing-masing Imanuel Lewar (kiri duduk) dan Yosefina Yakobus (kanan duduk) saat berada di Pelabuhan Tawau, Malaysia, Sabtu (18/8).

Oleh M Rusman

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Dua tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia dipulangkan karena menderita sakit parah.
Kedua TKI tersebut adalah Yosefina Yakobus (39) menderita sakit kanker payudara dan Imanuel Lewar (45) yang menderita sakit stroke.
Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kaltara, Nasution di Nunukan, Sabtu (18/8) membenarkan, pemulangan kedua TKI bersangkutan atas permintaan sendiri sebagaimana keterangan surat yang diterima dari Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu.
Kedua TKI ini berangkat dari Pelabuhan Tawau Negeri Sabah sekira pukul 16.00 wita menuju Pelabuhan Internasional Tunon Taka menggunakan kapal angkutan resmi KM Labuan Ekspres V tiba sekira pukul 17.15 wita.
Sesuai surat KJRI Kota Kinabalu, Yosefina Yakobus yang beralamat di Desa Tanali Kecamatan Wolowaru Kabupaten Maumere, NTT telah pernah menjalani perawatan di Rumah Sakit Deuchess of Kent Sandakan.
Salah satu payudaranya diangkat, namun kondisinya tak kunjung sembuh bahkan semakin parah sehingga meminta kepada KJRI Kota Kinabalu untuk dikembalikan ke kampung halamannya di NTT.
Yosefina ini bekerja di Ladang Segaliud Sandakan pulang ke kampung halamannya didampingi suaminya Rafianus Suyadi.
Sedangkan Imanuel Lewar yang beralamat di Desa Natamage Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka, NTT pulang didampingi istrinya bernama Maria Buku Neron dan anaknya bernama Samurl Kala (3).
Imanuel ini bekerja di Ladang Kampung Hobut Pinawantai Kudat Negeri Sabah.
Kedua TKI sakit ini langsung dibawa ke RSUD Nunukan oleh BP3TKI dan PMI Nunukan untuk mendapatkan perawatan medis sebelum dipulangkan ke kampung halamannya.