Tim Brimobda Kaltara lakukan penyisiran Gereja di Tarakan

id Natal

Tim Brimobda Kaltara lakukan penyisiran Gereja di Tarakan

Tim Gegana Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) mulai melakukan penyisiran di seluruh Gereja di Tarakan, Selasa sore (24/12/2019) menjelang ibadah perayaan Natal. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Tim Gegana Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) mulai melakukan penyisiran di seluruh Gereja di Tarakan, Selasa sore menjelang ibadah perayaan Natal.

Anggota tim gegana menggunakan metal detektor menyusuri setiap sudut ruangan dan halaman Gereja mencari benda membahayakan yang dapat menganggu keamanan saat pelaksanaan ibadah.

Adapun Gereja yang dilakukan penyisiran dengan metal detektor diantaranya Gereja Bethani, Gereja Katolik Santa Maria Imakulata, Gereja Protestan Immanuel dan Gereja HKBP Tarakan.

"Penyisiran dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan Tahun Baru, ada 30 Gereja yang akan dilakukan penyisiran yang dibagi atas dua tim," kata Panit Satu Tim Gegana Tarakan, Brigpol Marcus Ribut Al Amin di Gereja HKBP Tarakan.

Dia menjelaskan bahwa pemeriksaan terutama dilakukan di tempat ibadah seperti podium untuk para pendeta dan pastur menyampaikan khutbah.

"Kursi - kursi untuk para jemaat melaksanakan ibadah dan di luar Gereja serta tempat - tempat yang dianggap rawan," kata Marcus.

Sedangkan untuk pemeriksaan dan pengamanan jemaat yang akan masuk Gereja untuk melaksanakan ibadah, dilakukan koordinasi dengan pihak Gereja.

"Pihak Gereja sudah mengetahui para jemaatnya, bila ada yang mencurigakan akan melapor ke kita (Tim Gegana), sedangkan barang jemaat disediakan tempat penitipan," kata Marcus.
Baca juga: Stok BBM dijamin aman
Baca juga: PLN jamin pasokan listrik saat Natal dan Tahun Baru