PLTMG kapasitas tiga megawatt akan dibangun di Bunyu

id listrik

PLTMG kapasitas tiga megawatt akan dibangun di Bunyu

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie. Dokumen Pemprov Kaltara

Tarakan (ANTARA) - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas tiga megawatt yang akan dibangun di Bunyu untuk menambah kapasitas listrik warga.

"Alhamdulillah, ini kabar baik untuk masyarakat Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan. Mulai tahun ini, Insya Allah akan ada penambahan pembangkit listrik di Bunyu," kata Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie dalam siaran pers diterima di Tarakan, Senin.

Saat ini, pembangunan PLTMG Bunyu telah dimulai dengan tahap pembuatan pondasi. Targetnya, sebelum lebaran Idulfitri 1441 Hijriah, mesin PLTMG berkapasitas tiga MW ini sudah terpasang.

Mesinnya sudah siap, tinggal dipasang. Namun sebelum dioperasikan, karena akan ada proses uji coba. Kemudian commisioning test, hingga terkoneksi ke sistem, tapi tidak akan memakan waktu yang lama. Sehingga ditargetkan setelah lebaran atau sekitar bulan Juni sudah bisa dioperasikan.

Penambahan daya listrik ini, merupakan harapan masyarakat di sana yang pernah disampaikan ke Gubernur tahun lalu.

"Dari hasil komunikasi dengan PLN, Alhamdulillah, tahun ini direalisasikan pembangunan pembangkit untuk menambah daya listrik di Bunyu. Dengan ada tambahan ini, Insya Allah tidak ada lagi pemadaman, karena daya listrik di pulau itu tidak kekurangan lagi, bahkan akan surplus," kata Irianto.
Baca juga: Mengapa rekening listrik naik, ini penjelasan PLN
Baca juga: Tambah Pembangkit, Ditargetkan Mei Sudah Nyala