Waspadai ketertiban umum, Satpol PP Kaltara pasang CCTV di Tanjung Selor

id Laporan, Pelaksanaan, SIAP KAKA

Waspadai ketertiban umum, Satpol PP Kaltara pasang CCTV di Tanjung Selor

PROYEK PERUBAHAN : Kasatpol PP Kaltara, Hari Kuncoro saat memaparkan proyek perubahannya, SIAP KAKA, Selasa (20/10). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) saat ini telah memiliki Pusat Strategi Pengendalian Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (SIAP KAKA) berupa pemasangan Close Circuit Television (CCTV) pada beberapa titik keramaian di Tanjung Selor yang terpantau secara online. Hal ini disampaikan oleh Kepala Satpol PP Kaltara, Hari Kuncoro saat memaparkan Laporan Pelaksanaan Proyek Perubahan untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Ruang Rapat Kantor Satpol PP Provinsi Kaltara, Selasa (20/10).

Proyek perubahan ini sebagai pusat pengendalian ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) pada Satpol PP Provinsi Kaltara guna meningkatkan efisiensi sistem dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien serta terukur. “Saat ini ada 9 CCTV yang terpasang, ada 2 CCTV di Pelabuhan Speed Reguler dan masing – masing 1 CCTV terpasang di Lampu Merah Panen Square, KPU, Kantor Gubernur, DPRD Provinsi, Pelabuhan VIP, Tugu damai dan Simpang Telor Pecah,” sebutnya.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan penting yang mendasari proyek perubahan ini dilakukan, yaitu wilayah kerja yang luas, laporan tidak tepat waktu dan kurang akurat, tidak efisien serta belum adanya system informasi yang mendukung ditambah lagi dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga, diinginkan terbentuknya strategi pengendalian ketertiban umum dan ketentraman terpadu di wilayah Kaltara. “Dengan SIAP KAKA, yaitu peningkatan SDM dan Jaringan Online di wilayah Kaltara mempermudah monitoring dan pelaporan online di Kabupaten/kota,” katanya.

Untuk mendukung proyek perubahan ini, dibentuk beberapa tim. Yakni Tim Administrasi, Tim IT, Tim SDM, Tim Analis, Tim Pengembang dan Tim Perencanaan. “Proyek perubahan ini juga menggunakan fitur aplikasi, cara kerjanya yaitu tim pemantau melihat ada masalah di salah satu titik CCTV, diupload bukti laporan berupa foto atau video dan dikirimkan via Whatsapp,” paparnya.

Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar