Penanganan COVID-19 Salah Satu Isu Rakerwil Apeksi Regional Kalimantan

id Pemkot

Penanganan COVID-19 Salah Satu Isu Rakerwil Apeksi Regional Kalimantan

Wali Kota Tarakan Khairul saat membuka rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Tarakan, Rabu (23/06/2021). HO - Dinas KISP Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan mengatakan bahwa salah satu isu yang menjadi pembahasan pada rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)
Regional Kalimantan di Tarakan yakni pemulihan ekonomi dan penanganan COVID-19.

“Penyelarasan antara pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi. Jadi penanganan dari aspek kesehatan dan ekonomi," kata Wali Kota Tarakan Khairul di Tarakan, Rabu.

Menurutnya dalam mengatasi masalah ini diperlukan strategi bersama bagaimana mengatasi pandemi.

"Kalau tidak bisa secara nasional paling tidak di regional V Kalimantan ini, kita harus strategis sendiri untuk menangani,” katanya.

Khairul mengatakan bahwa sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut terganggu dengan adanya COVID-19.

Hal inilah yang menjadi rujukan untuk dibahas dalam isu strategis, karena UMKM ini memberi kontribusi 60 persen lebih dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Raker Komwil V Apeksi RegionalKalimantan di Tarakan berlangsung dari tanggal 23 Juni - 24 Juni 2021 sampai dengan malam ini, di Kota Tarakan telah hadir perwakilan dari tujuh kota.

Dengan jumlah rombongan sebayak 157 orang yang mulai berdatangan bahkan mulai tanggal 22 Juni 2021 kemarin.

Khairul saat pembukaan pada Rabu malam menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Komwil V APEKSI Regional Kalimantan yang telah mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah pada Rakerwil kali ini.

Dia mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang sempat tercatat minus selama tiga kuartal berturut-turut.

Saat ini juga telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan, tercatat pada Januari hingga Maret 2021 pertumbuhan ekonomi Kota Tarakan telah tumbuh 0,38 persen.

"Saya berharap, sebagai salah satu kota yang mengandalkan sektor perdagangan dan jasa. Berbagai even yang diselenggarakan di Kota Tarakan, termasuk gelaran Rakerwil APEKSI ini, dapat menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan," kata Khairul.
Baca juga: Pemkot Tarakan akan siapkan mobil pengantin yang nikah di MPP