Hujan lebat dan angin kencang diprakirakan terjadi di beberapa daerah, termasuk Kaltara

id Bmkg,Longsor,Angin

Hujan lebat dan angin kencang diprakirakan terjadi di beberapa daerah, termasuk Kaltara

BMKG prakirakan hujan lebat terjadi di beberapa daerah

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Dari data di laman resmi BMKG yang dihimpun ANTARA, Jakarta, Senin, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca itu adalah Banten, Jawa Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Sementara Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat berpotensi dilanda angin kencang.

Baca juga: BMKG: Beberapa wilayah hujan lebat-angin kencang

Baca juga: Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi alami hujan lebat disertai angin


Selain itu, BMKG mengeluarkan peringatan terkait gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap gelombang tinggi 2,5-4 meter antara lain di Perairan Barat Aceh, Perairan Enggano di Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Perairan Utara Sabang, Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, dan Laut Maluku.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan selalu waspada.*

Baca juga: Dinamika atmosfer tak stabil tingkatkan hujan Indonesia tengah-timur

Baca juga: Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah provinsi
Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Erafzon Saptiyulda AS