KKP Rencanakan Tarakan Jadi Kawasan Kepiting Terpadu

id Pemkot

KKP Rencanakan Tarakan Jadi Kawasan Kepiting Terpadu

Wali Kota Tarakan Khairul saat rapat dengan para Direktur di lingkungan KKP beserta jajarannya Kementerian KKP di Tarakan, Jumat (24/9). ANTARA/HO - Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia akan menjadikan Tarakan sebagai kawasan kepiting terpadu.

"Untuk itu, dibutuhkan lahan seluas paling tidak 155 hektar yang nantinya akan dilakukan investasi senilai 15 juta dolar AS," kata Khairul usai rapat dengan para Direktur di lingkungan KKP beserta jajarannya Kementerian KKP di Tarakan, Jumat.

Investasi tersebut melalui skema proyek strategis dari dana luar negeri yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat.

"Dipilihnya Tarakan sebagai salah satu kandidat program strategis ini, mengingat karakteristik Tarakan memenuhi kriteria untuk dilakukan intervensi olehpemerintah pusat," kata Khairul.

Sesuai permintaan dari pihak KKP, ia memaparkan beberapa calon lokasi milik Pemerintah Kota Tarakan diusulkan dan kelayakannya akan dinilai oleh tim dari KKP.

Selain itu, juga menyampaikan beberapa permasalahan terkait budidaya hasil perikanan di Kota Tarakan, termasuk dari persoalan bibit, produksi dan penjualan

Saat ini, KKP juga berupaya untuk mewujudkan kawasan kepiting terpadu di sejalan dengan meningkatkan hasil budidaya perikanan secara nasional.
Baca juga: Wali Kota Tarakan Berharap Perempuan Meningkatkan SDM yang terampil