KPU Nunukan verifikasi parpol peserta pemilu 2024 pertengahan 2022

id KPU, verifikasi parpol, peserta pemilu 2024

KPU Nunukan verifikasi parpol peserta pemilu 2024 pertengahan 2022

Harga minyak goreng di Nunukan naik

Nunukan (ANTARA) - Pelaksanaan pemilu 2024 bakal digelar pada Februari 2024, sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan, Kaltara siap melakukan verifikasi partai politik (parpol) peserta pemilu yang diperkirakan pada pertengahan 2022.

Ketua KPU Nunukan Rahman melalui Divisi Teknis Kaharuddin di Nunukan, Rabu membenarkan verifikasi parpol peserta pemilu 2024 tidak termasuk dalam tahapan pemilu dan akan dilaksanakan lebih awal yang diperkirakan pada pertengahan 2022.

Namun dia tegaskan belum ada penetapan waktunya atau masih menunggu kepastian dari KPU RI.

"Belum ada petunjuk dari KPU RI tetapi kemungkinan verifikasi parpol peserta pemilu 2024 akan dilaksanakan mulai Agustus 2022," ujar dia.

Ia menjelaskan bahwa parpol yang memiliki wakil di DPR RI tidak diverifikasi faktual lagi tetapi hanya berkaitan dengan administrasi saja.

Parpol yang memiliki wakil di DPR RI yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, PPP, Demokrat, PAN dan Nasdem.

"Jadi parpol yang lolos pada pemilu 2019 dan punya wakil di DPR RI itu ada sembilan partai. Kesembilan parpol ini tidak diverifikasi faktual lagi tapi hanya dilakukan verifikasi administrasi saja," katanya

Pada intinya, kata dia, KPU Nunukan melakukan verifikasi kepada peserta pemilu 2024 termasuk kepada parpol baru dibentuk saat ini.

Baca juga: KPU RI usulkan Pilkada serentak 27 November 2024
Baca juga: AHY bersama 34 DPD Partai Demokrat ke Kemkumham dan KPU hari ini
Baca juga: Arief Budiman diberhentikan dari jabatan Ketua KPU RI, ini penyebabnya
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021