Berikan pilihan terbaik untuk momen pernikahan, HerStory Gelar Indonesian Millennials Favorite Matrimony Brand Awards 2022, Ini Daftar Pemenangnya!

id Matrimony Brand Awards,Warta ekonomi,HerStory.co.id8

Berikan pilihan terbaik untuk momen pernikahan, HerStory Gelar Indonesian Millennials Favorite Matrimony Brand Awards 2022, Ini Daftar Pemenangnya!

Berikan pilihan terbaik untuk momen pernikahan, HerStory Gelar Indonesian Millennials Favorite Matrimony Brand Awards 2022, Ini Daftar Pemenangnya! (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Pernikahan adalah upacara pengikatan janji suci yang menautkan dua manusia dan erat kaitannya dengan cinta dan kasih sayang. Pernikahan juga merupakan suatu perjalanan abadi sebagai belahan hati.

Bagi generasi milenial, pernikahan adalah sebuah pilihan daripada keharusan.

Mereka akan memikirkan dengan matang bagaimana konsep pernikahan yang akan dilakukan untuk sekali seumur hidup.

Selain itu, milenial juga menganggap pernikahan sebagai pilihan diri dan proses berkompromi sepanjang hayat serta bentuk ketaatan pada agama.

Pernikahan itu sendiri juga menjadi aktivitas ekonomi yang melibatkan banyak orang dengan perannya masing-masing, mulai dari resepsi pernikahan hingga berumah tangga.

Pernikahan memang membawa serangkaian tujuan baru dalam hidup sebuah pasangan. Mulai dari pembagian peran, keberlanjutan keturunan, dan hal-hal tersebut erat kaitannya dengan isu keresahan wanita atau ibu rumah tangga.

Sebagai media yang fokus pada isu wanita, HerStory.co.id berupaya untuk menghadirkan sebuah topik pernikahan lewat E-Awarding HerStory bertajuk Indonesian Millennials Favorite Matrimony Brand Awards 2022: Towards a Long Haul of Eternity, Together.

“Pernikahan merupakan ikatan lahir dan batin antara seorang wanita dan pria sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa (Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 1),” ujar Clara Aprilia Sukandar selaku Pemimpin Redaksi HerStory.co.id dalam acara E-Awarding pada Senin (30/5/2022).


Baca juga: 103 perusahaan dapat Indonesia Most Acclaimed Companies Awards 2022 dari Warta Ekonomi
Baca juga: Warta ekonomi beri penghargaan ke-82 pemimpin perusahaan inovatif dan solutif lewat IFTL Awards 2022

Clara Aprilia Sukandar selaku Pemimpin Redaksi HerStory.co.id (Ist)



Menurut data yang diriset oleh Kata Data dan dikutip HerStory.co.id, jumlah persentase usia kawin di Indonesia antara wanita dan pria ternyata berbeda. Untuk wanita, usia kawin paling banyak adalah 19-21 tahun, sedangkan pria berada di usia 22-24 tahun.

Clara juga menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, dalam lima tahun terakhir, pemuda-pemudi yang menikah mayoritas adalah bagian dari Generasi Milenial dan Generasi Z.

Dalam laporan yang dilakukan oleh Bridestory berjudul Tren Pernikahan di Indonesia tahun 2016, mayoritas responden sebanyak 76% mengatakan bahwa kedua calon mempelai merupakan penentu utama dari rencana pernikahan mereka.

“Campur tangan orang tua untuk segi biaya sudah minim sekali bagi generasi milenial. Setengah dari jumlah responden atau sebanyak 52.6% mengatakan bahwa mereka membiayai pernikahan dengan dana mereka sendiri,” kata Clara.

Clara mengatakan, pernikahan mendapat definisinya masing-masing sesuai dengan generasi. Meskipun pernikahan bersifat personal dan objektif, tapi bagi milenial, pernikahan itu adalah kepuasan hidup dalam hubungan, pilihan yang intim dan krusial, pembagian peran yang setara, keberlanjutan keturunan dan nilai, ketaatan beragama dan sosial, dan aktivitas ekonomi..

Tren mengenai cinta dan pernikahan tentunya semakin hari akan semakin kuat. Generasi milenial sekarang sudah terliterasi bisa melihat sejarah dan memiliki kemauan sendiri untuk pernikahan. Sebab, pernikahan harus ditentukan sendiri, bukan lagi ditentukan orang tua.

“Jumlah pernikahan semakin menurun karena generasi milenial saat ini sudah lebih terliterasi dan melihat sejarah dan mengetahui sejarah. Mereka memiliki kemampuan dan kemauan sendiri untuk menikah karena pernikahan adalah nasib sendiri dan harus ditentukan sendiri,” tutur Muhamad Ihsan, CEO dan Founder HerStory.co.id.

Selain memikirkan tentang undangan, gedung pernikahan, dan foto-foto pra nikah, penting juga untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pengantin.

Baca juga: Indonesia Best BUMD Awards 2022 dari Warta Ekonomi, ini pemenangnya
Baca juga: Indonesia Most Powerful Women Awards 2022, kali kedua HerStory Apresiasi para pemimpin perusaahan wanita inspiratif


Nopian Andusti, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, (Ist)



Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Nopian Andusti, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, membeberkan faktor pendorong dan faktor risiko saat hamil terlalu muda dan terlalu tua serta menyebabkan anak stunting.

Oleh karena itu, untuk mencegah melahirkan anak stunting, setiap calon ibu dan calon ayah harus berada dalam kondisi yang sehat atau ideal untuk menikah, hamil, dan melahirkan. Dengan pertimbangan hal tersebut, upaya percepatan penurunan angka stunting dilakukan melalui pencegahan dengan menyasar calon-calon pengantin atau calon-calon pasangan usia subur atau calon ibu dan bapak baru.

“Setiap calon pengantin, harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendampingan selama tiga bulan sebelum menikah serta perlu mendapatkan bimbingan perkawinan dengan materi pencegahan stunting tentunya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia,” jelas Nopian Andusti.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini (E-Awarding HerStory), untuk bersama-sama kita menyosialisasikan betapa pentingnya pemeriksaan kesehatan tiga bulan sebelum menikah untuk memastikan bahwa setiap calon pengantin berada dalam kondisi sehat dan saat hamil sudah benar-benar siap,” lanjutnya.

Baca juga: BKD Kaltara Raih Penghargaan Tiga Kategori BKN Award
Baca juga: BNI CorpU raih predikat Gold Internasional di ajang GCCU Award 2021



Berikut ini daftar pemenang Indonesian Millennials Favorite Matrimony Brand Awards 2022: Towards a Long Haul of Eternity, Together. Intip yuk, Beauty!

1. BRIGuna, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bank Loans Category
2. BCA Personal Loan (KTA BCA), PT Bank Central Asia Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bank Loans Category
3. Mandiri KTA, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bank Loans Category
4. BTN Kredit Ringan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bank Loans Category
5. BNI Fleksi, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bank Loans Category
6. BRITama Rencana, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Terms Savings Category
7. BCA Tahapan Berjangka, PT Bank Central Asia Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Terms Savings Category
8. Mandiri Tabungan Rencana, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Terms Savings Category
9. BNI Tapenas, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Terms Savings Category
10. CIMB Niaga Tabungan Mapan, PT Bank CIMB Niaga Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Terms Savings Category
11. Prudential, PT Prudential Life Assurance, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Life Insurance Category
12. Allianz, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Life Insurance Category
13. Manulife, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Life Insurance Category
14. Mandiri Inhealth, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Life Insurance Category
15. AIA, PT AIA Financial Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Life Insurance Category
16. BPJS, BPJS (PT Askes Persero), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Health Insurance Category
17. Allianz SmartHealth, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Health Insurance Category
18. AXA Mandiri, PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Health Insurance Category
19. Prudential, PT Prudential Life Assurance, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Health Insurance Category
20. BRI Life Dasetera, PT Asuransi BRI Life, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Health Insurance Category
21. RumahKu Plus Allianz, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Property Insurance Category
22. Asuransi Properti Sinar Mas, PT Asuransi Sinar Mas, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Property Insurance Category
23. Asuransi Properti Adira, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Property Insurance Category
24. Asuransi ACA, PT Asuransi Central Asia (ACA), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Property Insurance Category
25. Brins Asri, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Property Insurance Category
26. BTN, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Mortgage Bank Category
27. KPR BRI, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Mortgage Bank Category
28. KPR BCA, PT Bank Central Asia Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Mortgage Bank Category
29. BNI Griya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Mortgage Bank Category
30. KPR Mandiri, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Mortgage Bank Category
31. Sinarmas Land, PT Bumi Serpong Damai, Tbk. dan PT Duta Pertiwi, Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Real Estate Agencies Category
32. Agung Podomoro, PT Agung Podomoro Land Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Real Estate Agencies Category
33. Ciputra, PT Ciputra Development Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Real Estate Agencies Category
34. Alam Sutera, PT Alam Sutera Realty Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Real Estate Agencies Category
35. Summarecon Agung, PT Summarecon Agung Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Real Estate Agencies Category
36. Traveloka, PT Trinusa Travelindo (Traveloka), Top 3 Milennials' Matrimony Brands for Accommodation Apps Category
37. Tiket.com, PT Global Tiket Network, Top 3 Milennials' Matrimony Brands for Accommodation Apps Category
38. PegiPegi, PT Go Online Destinations, Top 3 Milennials' Matrimony Brands for Accommodation Apps Category
39. Ikea, PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Store Category
40. Ace Hardware, PT Kawan Lama Sejahtera, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Store Category
41. Informa, PT Kawan Lama Sejahtera, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Store Category
42. Dekoruma, PT Dekoruma Inovasi Lestari, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Store Category
43. Mitra10, PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Store Category
44. LG, PT LG ELectronics Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Category
45. Sharp, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Category
46. Cosmos, PT Star Cosmos, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Category
47. Modena, PT Modena Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Category
48. Electrolux, PT Electrolux Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Home Appliances Category

49. Shopee, PT Shopee International Indonesia, Top 3 Millennials' Matrimony Brands for E-Commerce Category
50. Tokopedia,, PT Tokopedia, Top 3 Millennials' Matrimony Brands for E-Commerce Category
51. Lazada, PT Lazada, Top 3 Millennials' Matrimony Brands for E-Commerce Category
52. Make Up Forever, PT L Beauty Brands (distributor), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bridal Make Up Category
53. LT Pro, PT Rembaka, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bridal Make Up Category
54. La Tullipe, PT Rembaka, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bridal Make Up Category
55. Ultima II, PT Eres Revco (distributor), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bridal Make Up Category
56. Revlon, PT Eres Revco (distributor), Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Bridal Make Up Category
57. Andalan, DKT Indonesia, Top 2 Millennials' Matrimony Brands for Intrauterine Device (IUD) Birth Control Category
58. Nova T, PT Bayer Indonesia, Top 2 Millennials' Matrimony Brands for Intrauterine Device (IUD) Birth Control Category
59. Sutra, DKT Indonesia, Top 3 Millennials' Matrimony Brands for Men's Contraceptive (Condoms) Category
60. Durex PT Reckitt Benckiser (Indonesia), Top 3 Millennials' Matrimony Brands for Men's Contraceptive (Condoms) Category
61. Fiesta, DKT Indonesia, Top 3 Millennials' Matrimony Brands for Men's Contraceptive (Condoms) Category
62. Jamu Komplit Kuku Bima Sidomuncul, PT Sido Muncul, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Men's Energy Herbal Drink Category
63. Jamu Sehat Perkasa Njonja Meneer, PT Bhumi Empon Mustiko, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Men's Energy Herbal Drink Category
64. Jamu Sehat Lelaki Air Mancur , PT Jamu Air Mancur, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Men's Energy Herbal Drink Category
65. Kuat Pria Jamu Jago, PT Jamu Jago, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Men's Energy Herbal Drink Category
66. Jamu Iboe Pasak Bumi, PT Jamu Iboe, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Men's Energy Herbal Drink Category
67. Prenagen Esensis, PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) bagian dari PT. KALBE Farma Tbk., Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Pregnancy Milk Powder Category
68. Anmun Materna, PT Fonterra Brands Manufacturing Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Pregnancy Milk Powder Category
69. SGM Bunda, PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Pregnancy Milk Powder Category
70. EnfaMama A+, PT Mead Johnson Indonesia, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Pregnancy Milk Powder Category
71. Lactamil Inisis, PT Nutricia Indonesia Sejahtera, Top 5 Millennials' Matrimony Brands for Pregnancy Milk Powder Category