RSUD Tarakan akan mendirikan tiga pusat pelayanan penyakit dalam

id RSUD

RSUD Tarakan akan mendirikan tiga pusat pelayanan penyakit dalam

Para pasien yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H Jusuf SK, Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (24/8). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah dr. H Jusuf SK di Tarakan, Kalimantan Utara akan mendirikan tiga pusat pelayanan penyakit dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Tiga center tersebut nantinya akan khusus melayani stroke, jantung dan kanker. Artinya, pelayanan kesehatan di RSUD milik Pemerintah Provinsi Kaltara akan semakin canggih," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. H Jusuf SK, Budy Aziz di Tarakan, Rabu.

Pembukaan unit ini seiring dengan arahan dari Kementerian Kesehatan, yang meminta salah satu rumah sakit di Kaltara harus membuka pelayanan ini.

"Ini juga program nasional dari Kementerian Kesehatan, untuk membuka ini," kata Budy

Untuk ketiga center tersebut dikatakan Budy ditargetkan akan selesai pada 2023 mendatang.

"Ini instruksi menteri, jadi bunyinya itu salah satu rumah sakit Kaltara, dan itu tidak semua rumah sakit. Kaltara ini langsung disiapkan 3 Center. Karena kita sering rujuk ke Jakarta, Makassar Balikpapan," katanya.

Atas dasar itulah, kementerian memberikan instruksi pendirian pelayanan tiga pusat pelayanan ini. Disebutkannya, untuk ruangan sendiri pihaknya telah memodifikasi beberapa ruangan yang ada, sambil menunggu ke depan untuk penyiapan ruangan baru.

Tak hanya ruangan, peralatan untuk pelayanan ketiga penyakit ini juga akan dilengkapi pada tahun 2022 ini.

"Berarti alat sudah, tinggal ruangannya yang kita cocokkan. Tinggal tunggu lagi dari kementrian apa yang disiapkan," kata Budy.
Baca juga: Sertijab Direktur RSUD dr H Jusuf SK, ini amanah Gubernur Kaltara