Kesbangpol Kaltara gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjung Palas Timur

id Kesbangpol,Pendidikan politik

Kesbangpol Kaltara gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjung Palas Timur

Kesbangpol Kaltara gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjung Palas Timur (Kesbangpol Kaltara)

Tanjung Palas Timur (ANTARA) - Kesbangpol Kaltara melaksanakan sosialisasi pendidikan politik dalam rangka meningkatkan stabilitas politik dan upaya meningkatkan indeks demokrasi di provinsi Kalimantan Utara menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

Dilaporkan sesuai siaran pers dari Kesbangpol
Kaltarabahwa giat pada Kamis (22 September 2022) di Gedung Pertemuan Umum Kantor Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Tampak hadir dalam acara itu, Ir. Hermawan, M.Si Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Utara, Suryanata Al-Islami, S.Hi, M.H Ketua KPU Kaltara, Irsyad Sudirman, S.IP, M.A, M.IP Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Kaltara, Asrori, S.IP Sekretaris Camat Tanjung Palas Timur.

Tampak juga Kepala Desa Tanah Kuning dan sejumlah tokoh Masyarakat, tokoh Adat serta tokoh Agama se-KecamatanTanjung Palas Timur bersama para peserta sosialisasi.

Baca juga: Gubernur Nilai Parpol Berkontribusi Besar untuk Bangsa
Baca juga: Parpol yang tak Sampaikan LPj, tidak akan terima bantuan Keuangan lagi


Kesbangpol Kaltara gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjung Palas Timur (Kesbangpol Kaltara)



Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang dalam sambutan dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kaltara menyatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi pendidikan politik yang ke 5 di tahun ini, setelah sebelumnya di Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan dan Tanjung Selor.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kita mengenai keadaan politik di Indonesia dan seperti apa yang sejati nya diharapkan dari sistem politik yang baik. Karena masih banyak masyarakat yang belum memahami politik dan beranggapan bahwa politik hanya mementingkan perebutan kekuasaan dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, " katanya.

Melalui sosialisasi ini, ia berharap dapat memberikan wawasan yang luas dan mendalam mengenai politik.

"Kita ketahui dua tahun lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilu dan pilkada serentak tahun 2024. Banyak berita-berita terkait politik yang beredar mewarnai media massa, mulai dari amandemen UU untuk memperpanjang masa jabatan Presiden menjadi tiga periode, hingga ambang batas pencalonan presiden 20 persen," imbuh gubernur.

Termasuk masalah masih kurangnya peran politik perempuan dalam kontestan Politik di Indonesia maupun Daerah, selain itu banyak kabar hoaks yang membuat masyarakat menjadi antipati dan mengurangi partisipasi untuk ikut serta berpolitik.

"Bahkan menjerumuskan ke dalam kekacauan yang mengganggu kestabilan perpolitikan di Indonesia yang demokratis. Hal ini terjadi karena kurangnya Pendidikan politik terhadap masyarakat," katanya mengingatkan.

Oleh sebab itu, kata gubernur menambahkan dengan adanya kegiatan sosialisasi pendidikan politik ini maka masyarakat akan lebih melek dan peka terhadap politik, sehingga bisa memilih wakil rakyat yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Selain itu masyarakat diharapkan juga memiliki keterampilan dalam politik yang akhirnya memunculkan sikap kritis serta dapat mengambil alternatif pemecahan masalah," katanya.

Karena pentingnya kegiatan ini sebagai sarana sosialisasi peningkatan kesadaran dan persiapan partisipasi politik masyarakat Kalimantan Utara, ujar gubernur tentu diharapkan akan terlahir pemimpin yg berkualitas yg mampu membawa bangsa Indonesia, khusus nya Kalimantan Utara menjadi lebih maju dan sejahtera.

"Terakhir saya juga harapkan kepada generasi muda agar dapat berpartisipasi aktif dalam pendidikan politik ini. sebagai penerus bangsa para pemuda harus kita persiapkan agar tidak mudah termakan berita hoaajs, dan tidak mudah terprovokasi dan ikut turut menyebarkan berita bohong," demikian Gubernur Kaltara dalam amanatnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tiga narasumber, yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kaltara, Ketua KPU Kaltara
dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unikaltara.

Kegiatan sosialisasi pendidikan politik ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan indeks domokrasi di Kalimantan Utara.

Kegiatan ini telah dilaksanakan di Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Tanjung Selor dan Saat ini di Desa Tanah Kuning.

Dalam kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Fase persiapan pemilu serentak di KPU Tana Tidung terus berjalan
Baca juga: KPU umumkan dimulainya tahapan pendaftaran Parpol
Baca juga: KPU RI usulkan Pilkada serentak 27 November 2024
Kesbangpol Kaltara gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjung Palas Timur (Kesbangpol Kaltara)
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2022