17 ribu sambungan rumah di Tarakan sudah menikmati air bersih

id Pemkot

17 ribu sambungan rumah di Tarakan sudah menikmati air bersih

Wali Kota Tarakan Khairul saat meresmikan pemanfaatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Indulung sekaligus pemasangan sambungan PDAM gratis ke-17 ribu di Tarakan, Kamis (2/3). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.   

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota Tarakan sudah merealisasikan pelayanan air bersih untuk warga dengan pemasangan sambungan gratis sebanyak 17 ribu sambungan untuk warga.

"Janji awal untuk pemasangan sambungan gratis hanya 10 ribu sambungan. Di mana, Pemkot Tarakan mensubsidi biaya pemasangannya sekira Rp2.000.000,- per sambungan," kata Wali Kota Tarakan Khairul di Tarakan, Jumat.

Namun dalam perjalanannya, target itu melebihi dan sampai sekarang telah mencapai 17 ribu sambungan.

Ini berkat kolaborasi antaran Pemkot Tarakan dan Pemerintah Pusat yang juga meluncurkan program pemasangan PDAM gratis bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pemenuhan air bersih menjadi salah satu program utama dari pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan yakni Khairul - Effendhi Djuprianto saat ini, karena dinilai sebagai kebutuhan penting masyarakat. Terlebih, cakupannya di awal menjabat, baru 53 persen masyarakat yang menikmatinya.

“Alasannya bermacam-macam. Mereka tidak pasang PDAM karena pasang awal cukup mahal. Kalau jauh lebih mahal lagi, bisa sampai Rp4.000.000,-,” kata Khairul.

Di bawah kepemimpinan Khairul dan Effendhi Djuprianto, Pemkot Tarakan memasang target cakupan minimal 83 persen. Untuk merealisasikan itu, diluncurkanlah program pemasangan sambungan PDAM gratis melalui subsidi Pemkot Tarakan.

Ternyata realisasinya jauh melebihi target, yakni mencapai 93 persen. Termasuk masyarakat Pantai Amal yang telah bisa menikmati layanan air bersih melalui IPA Indulung.

“Mudah-mudahan IPA Indulung diharapkan melayani wilayah timur yang belum terlayani, yaitu daerah Pantai Amal, Tanjung Pasir, Tanjung Batu, Kampung Enam. Makanya di sini kapasitasnya 30 liter per detik,” kata Wali Kota.

Khairul sebelumnya meresmikan pemanfaatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Indulung sekaligus pemasangan sambungan PDAM gratis ke-17 ribu, Kamis (2/3).

Wali Kota mengapresiasi beroperasinya IPA Indulung sebagai bagian dari merealisasikan janji-janji politiknya.
Baca juga: Buku biografi Wali Kota Tarakan jadi inspirasi perjuangan