Polres Tarakan Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024

id Polres

Polres Tarakan Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024

Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar di Mako Polres Tarakan memimpin gelar pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024 di Mako Polres Tarakan, Sabtu (2/3). (ANTARA/HO-Humas Polres Tarakan).

Tarakan (ANTARA) - Polres Tarakan, Kalimantan Utara apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024 dipimpin Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar di Mako Polres Tarakan, Sabtu.

"Pelaksanaan apel gelar pasukan ini merupakan bagian dari persiapan untuk pelaksanaan Operasi Keselamatan yang akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 04 hingga 17 Maret 2024," kata Ronaldo.

Operasi ini bertujuan untuk menanganipelanggaran lalu lintas dengan berbagai aspek yang menjadi fokus.

Seperti penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan motor lebih dari satu orang, hingga pelanggaran lainnya seperti tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Disampaikan juga oleh Ronaldo bahwa operasi Keselamatan Kayan ini merupakan upaya untuk mencegah atau menekan terjadinya gangguan kamtibmas di jalan menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul f
Fitri 1445 Hijriah.

"Untuk itu perlu dilakukannya cipta kondisi dengan melaksanakan operasi keselamatan kayan 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan," kata Kapolres.

Dengan harapan zero kemacetan jalan, zero pelanggaran dan zero kecelakaan.

Kegiatan operasi dan aksi keselamatan jalan ini tentu saja tidak dapat berjalan dengan optimal apabila dilakukan oleh Polda Kalimantan Utara saja.

"Akan tetapi harus didukung oleh lembaga atau instansi serta komponen masyarakat lainnya agar tujuan dari operasi dan aksi keselamatan ini tercapai," katanya.

Yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan rasa simpati masyarakat terhadap Polantas, sehingga masyarakat tergugah dan mau untuk disiplin berlalu lintas.

Dengan adanya operasi keselamatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran di jalan raya
Baca juga: Polres Tarakan Menambah Personel Pengamanan di TPS Pemilihan Suara Ulang
Baca juga: Polres Malinau gelar patroli malam skala besar gabungan TNI -- Polri