BNPT-FKPT Kaltara Tingkatkan Kesadaran Toleransi Dengan Lomba Budaya

id FKPT

BNPT-FKPT Kaltara Tingkatkan Kesadaran Toleransi Dengan Lomba Budaya

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Kalimantan Utara menggelar Lomba Budaya "Youth of Indonesia"  (YoI) di SMA 1 Tanjung Selor Bulungan Kaltara, Rabu (15/5). ANTARA/HO-FKPT Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Kalimantan Utara menggelar Lomba Budaya "Youth of Indonesia" (YoI) di SMA 1 Tanjung Selor Bulungan Kaltara, Rabu.

"Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perdamaian dan toleransi di kalangan generasi muda, " kata Sub Koordinator Pemulihan Korban BNPT Nilam Ayuningtyas di Tanjung Selor, Rabu.

"Acara ini juga bertujuan memperkuat solidaritas pemuda dalam menghadapi tantangan zaman, termasuk isu-isu kebangsaan dan pencegahan terorisme," katanya pada kegiatan mengusung tema "Pemuda mandiri berkarya untuk negeri".

Kegiatan adalah lomba siniar (podcast) dan gelar kreasi budaya dengan menampilkan karya-karya budaya local atau local wisdom sebagai bentuk ekspresi keberagaman budaya.

Nilam Ayuningtyas mengatakan bahwa pemuda adalah agen perubahan, pemuda harus menjadi teladan dalam menyampaikan informasi dan selalu bersikap terbuka terdapat sudut pandang, Bersama-sama membangun masyarakat yang lebih sadar dan tanggap terhadap isu terorisme.

“Saya ingin mengajak pemuda untuk menjadi agen perubahan positif. Jadilah teladan dalam menyampaikan informasi, hindari prasangka dan selalu bersikap terbuka terhadap berbagai sudut pandang. Bersama-sama kita dapat membangun masyarakat yang lebih sadar dan tanggap terhadap isu terorisme,” ujarnya.

Ia menambahkan, program Youth of Indonesia ini di FKPT Kaltara merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan keberagaman pemuda Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menginspirasi pemuda untuk bersatu, berkolaborasi dan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan pencegahan terorisme," paparnya.

Kegiatan Youth of Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, dinas Pendidikan dan masyarakat pelaku kreatif budaya lokal dan dilaksanakan di 34 FKPT di seluruh Indonesia selama tahun 2024 bekerja sama BNPT dan FKPT.
Baca juga: Youth Of Indonesia "YOI" hadir perdana di Kepulauan Riau
Baca juga: Harinto: FKPT berperan strategis bagi akselerasi informasi, deteksi dini dan cegah terorisme