DPRD Nunukan tingkatkan kapasitas legislator melalui orientasi

id DPRD, orienstasi anggota DPRD, Nunukan

DPRD Nunukan tingkatkan kapasitas legislator melalui orientasi

Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Nunukan berfoto bersama pada pembukaan orientasi legislatif di Kota Tarakan, Kaltara, Selasa malam. (ANTARA/HO-Dokpim Nunukan)

Tanjung Selor (ANTARA) - DPRD Kabupaten Nunukan menggelar orientasi legislatif, dalam rangka membantu anggota dewan memahami peran, tanggung jawab, dan kewenangan yang dimiliki sebagai wakil rakyat.

“DPRD Nunukan tingkatkan kapasitas legislator melalui orientasi. Ini bagian upaya mewujudkan pemerintahan daerah yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” kata Sekretaris DPRD Nunukan Muhammad Effendi di Tarakan, Rabu.

Orientasi ini dilaksanakan pekan ini di Kota Tarakan, diikuti 30 anggota DPRD Nunukan terpilih, periode 2024-2029. Selain itu, orientasi ini juga diikuti anggota DPRD Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau.

Orientasi ini diyakini menjadi langkah strategis DPRD Nunukan untuk memastikan seluruh anggota dewan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang tugas, fungsi, dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

Dengan pembekalan materi yang relevan, diyakini para anggota DPRD dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional dan akuntabel.

Kegiatan Orientasi ini dilaksanakan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bahwa Orientasi dilakukan 1 (satu) kali pada awal masa jabatan.

Muhammad Effendi mengatakan, orientasi memiliki makna penting dan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh anggota DPRD sebelum memulai tugas sebagai wakil rakyat.

Orientasi diharapkan bisa memberikan penguasaan dasar perundang-undangan demi memastikan anggota dewan memahami landasan hukum dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu memberikan pemahaman mendalam tentang mekanisme penganggaran dan pengawasan anggaran, serta membekali anggota dewan dengan keterampilan dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Orientasi ini diikuti anggota DPRD dari Kabupaten/Kota lainnya di Kaltara, menunjukkan sinergi dan kerja sama antar DPRD untuk memperkuat peran legislatif dalam pembangunan daerah,” tuturnya.

DPRD Kabupaten Nunukan berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja lembaga perwakilan rakyat. Dengan orientasi legislatif ini, diyakini DPRD Nunukan dapat menjadi mitra kerja pemerintah yang strategis dalam membangun Kabupaten Nunukan yang lebih maju.