Pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia menjadi tolok ukur keberhasilan pemilu 2019 di luar negeri

id pemilu 2019 malaysia, KJRI Kota KInabalu, PPLN Kota KInabalu

Kota KInabalu (ANTARA) - Pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia akan menjadi tolok ukur keberhasilan pemilu 2019 di seluruh negara karena jumlah pemilih sebagian berada di negeri jiran tersebut, ungkap KrishnaDjelani, Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah di Keningau, Minggu.

Alasannya kata dia, jumlah daftar pemilih tetap di luar negeri untuk pemilu 2019 sebanyak 2.058.191 orang dan hampir separuhnya berada di Malaysia.

"Keberhasilan pemungutan suara di Malaysia menjadi totlok ukur keberhasilan pelaksanaan pemilu 2019 di luar hegerikarena jumlah DPTseluruh dunia hampir separuhnya berada di Malaysia," beber dia.

Sehubungan dengan hal ini, KrishnaDjelanimenegaskan, perlunya kecermatan dalam menjalankan tugas dengan wilayah cakupan yang cukup luas dan besar sehingga diperlukan upaya kerja keras oleh penyelenggara pemilu di negara itu.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota KInabalu, CahyonoRustammengharapkan, anggota KPPSLNsenantiasa menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya.

Ia mengajak, penyelenggara pemilu menjaga sikap adil, jujur, bersih dan lancar. "Ketua dan anggota KPPSLNdimohon selalu melakukan koordinasi secara baik dengan PPLNdan mengikuti, memperhatikan semua tahapan pemilu yang ditetapkan dalam PKPU NOmor 3 Tahun 2019," ujar dia.